PJ Gub ABT: Satpol PP Hebat, Mereka Bukan di Tempat Buangan

Foto: Pj Gub ABT berjabat tangan dengan personil Satpol PP Pemprov Papua Barat, Senin (4/3/2024). (RED/NN)

MANOKWARI – Penjabat Gubernur Papua Barat Ali Baham Temongmere menegaskan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) merupakan orang-orang hebat yang harus berbangga diri. Sebab, mereka bukan berada di tempat buangan.

“Satpol PP itu bukan tempat buangan. Mereka hebat dan harus bangga ditempatkan di situ,” ujarnya saat HUT ke-64 Satpol PP di kantor gubernur, Senin (4/3/2024).

Personil Satpol PP diharapkan menerapkan empat poin yaitu, humanis, disiplin, berdedikasi dan tegas. Ini sesuai dengan tema peringatan HUT Satpol tahun ini.

PJ Gub ABT mengaku peran satpol sangat penting untuk menjalankan peraturan daerah (perda). Para kepala daerah (bupati) diminta menempatkan pimpinan satpol yang potensial karena tak dapat dipungkiri jika tugas yang diemban cukup berat.

“Contohnya, satpol itu tugasnya juga rentan, bisa bergesekan langsung dengan masyarakat. Nah, pemimpinnya harus sigap,” pesannya.

Soal pola pikir dan pola tindakan harus memenuhi unsur humanis, berdedikasi, tegas dan disiplin dalam hal pelayanan kepada masyarakat.

Diakui kelengkapan sarana dan prasarana Satpol PP juga belum memadai, terutama untuk menggelar patroli rutin menjaga kantor pemerintahan.

“Kami tetap berusaha memenuhi kebutuhan sarpras karena Satpol PP itu tangan kanan gubernur,” singkat Pj Gub ABT.

Upacara itu sekaligus memperingati HUT ke-76 Satuan Perlindungan Masyarakat. Dalam kesempatan yang sama juga disebutkan sekaligus memperingati HUT Pemadam Kebakaran (Damkar) 1 Maret.

Pemprov Papua Barat, juga menerima bantuan CSR berupa satu unit mobil pemadam kebakaran dari Bank Papua, yang langsung dicoba Pj Gub ABT.

(RED/NN)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *