Pj Gub Ali Baham Canangkan Tanam Jagung, Perkuat Ketahanan Pangan Daerah

Penjabat Gubernur Papua Barat Ali Baham Temongmere memimpin pencanangan Tanam Jagung di Kabupaten Kaimana, Rabu (10/1/2024). (Foto: REN)

KAIMANA – Penjabat Gubernur Papua Barat Ali Baham Temongmere mencanangkan penanaman jagung dan peningkatan produksi jagung di Kabupaten Kaimana, Rabu (10/1/2024).

Ini merupakan salah satu rangkaian kegiatan Pj Gub saat melakukan kunjungan kerja (kunker) di daerah itu. Disebutkan kunker berhubungan dengan tugas yang menjadi tanggungjawab bersama.

Pencanangan ini sesuai dengan arahan Mentri dalam negeri terkait inflasi daerah yang berhubungan erat dengan ketahanan pangan.

“Tentu dengan harapan gerakan ini tidak berhenti tetapi berlanjut karena sudah menjadi kebijakan nasional. TNI dan Polri dilibatkan karena menanam jagung diharapkan menjadi arah diverifikasi pangan selain beras,” terangnya.

Ia mengingatkan pemerintah daerah harus mampu menjamin agar masyarakat sehat, aman dan tidak kelaparan serta menjamin ketersediaan bahan pangan.

“Lima B yang ditanamkan petani yaitu, bangga menanam, bangga menjual, bangga membeli, bangga memasak dan bangga memakan,” ujarnya lagi.

Hal itu berhubungan erat dengan produksi, distribusi serta pengendalian pasar sehingga ada jaminan stabilisasi dari hulu hingga hilir.

Bupati Kaimana Freddy Thie menambahkan, gerakan kearifan lokal bisa merangsang seluruh OPD juga masyarakat untuk memanfaatkan pekarangan kosong dengan budaya menanam.

“Karena perubahan iklim sangat berpengaruh terhadap semua sektor termasuk pertanian,” singkatnya.

(REN/NN)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *