Pj Gub Ali Baham Tinjau Bapok, Pastikan Stok Beras Aman Hingga 2024

Pj Gubernur Papua Barat Ali Baham Temongmere bersama rombongan meninjau ketersediaan Bapok jelang Tahun Baru 2024, Kamis (28/12/2023). (Dok. Biro Adpim)

MANOKWARI – Penjabat Gubernur Papua Barat Ali Baham Temongmere meninjau ketersediaan stok barang kebutuhan pokok (Bapok) di Manokwari, Kamis (28/12/2023).

Salah satu yang dipastikan aman adalah beras yang pada umumnya didatangkan dari Surabaya, Jawa Timur.

“Stok beras aman, penyalurannya terkontrol baik, harga juga terjangkau,” sebut Ali Baham.

Menurut dia pemerintah daerah tetap berupaya memenuhi kebutuhan pangan tapi juga mengimbau masyarakat mengkonsumsi pangan lokal seperti umbi-umbian.

“Ketersediaan beras tentu untuk menjaga ketahanan pangan, tapi jangan lupa pangan lokal” paparnya.

Para distributor mengaku stok beras aman bahkan diprediksi cukup hingga hari raya Lebaran. Rata-rata beras yang didatangkan merupakan jenis premium yang dikirim dari Surabaya.

“Saat ini stok cukup bahkan lebih karena masih ada yang belum diturunkan dari kapal. Untuk gudang penampungan juga akan ditambah,” bebernya.

Sekira 25-30 ret beras yang dikeluarkan dalam sehari, artinya pesanan atau daya beli masyarakat untuk komoditi beras berlangsung lancar.

“Harga pengiriman dari Surabaya hampir sama dengan Makassar, bedanya kualitas dan mungkin masyarakat terbiasa mengkonsumsi beras dari Surabaya,” paparnya lagi.

Selain beras, Pj Gubernur juga meninjau pasar, melihat langsung aktifitas jual-beli termasuk meninjau SPBU Nelayan di Sanggeng, Distrik Manokwari Barat.

(ELS/NN)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *