Pj Gub Ali Baham Tunggu Laporan Serapan APBD Paling Lambat 5 Desember

Penjabat Gubernur Papua Barat Ali Baham Temongmere memberi keterangan usai HUT ke-52 KORPRI di kantor Gubernur Papua Barat, di Manokwari, Rabu (29/11/2023). (Foto: ELS)

MANOKWARI – Penjabat Gubernur Papua Barat Ali Baham Temongmere menanti laporan serapan APBD seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan badan lingkup pemprov.

“Saya minta pimpinan OPD dan badan kumpulkan laporan hasil kegiatan mulai tanggal 1-5 Desember,” ucapnya saat upacara peringatan HUT ke-52 KORPRI di kantor gubernur, Rabu (29/11/2023).

Ali Baham ingin memastikan sejauh mana progres penggunaan anggaran. Untuk itu ia meminta laporan tidak boleh dititipkan.

“Agar diketahui sudah sampai di mana, berapa persen pekerjaan dan realisasinya di lapangan seperti apa,” ujarnya lagi.

Seluruh pimpinan OPD dan badan diingatkan juga soal pekerjaan fisik dan realisasi penggunaan anggaran agar tidak memanipulasi laporan.

“Realisasinya harus sesuai kenyataan, kalau pekerjaan sudah 50 persen, bayar juga 50 persen sesuai ketentuan. Jangan beda, perkejaan baru sekian persen, bayarnya lebih,” ucapnya lagi.

Pesan itu seiring dengan peringatan hari Korps Pegawai Republik Indonesia (Korpri), dengan moto Bangga Melayani Bangsa. Salah satu indikatornya adalah capaian realisasi anggaran dalam rangka melayani masyarakat.

Sebelumnya Plt Sekda Papua Barat Jacob Fonataba, optimis serapan anggaran berjalan maksimal dalam tempo waktu sebulan.

Diketahui serapan anggaran Pemprov Papua Barat mencapai angka 55 persen hingga 11 November. Diharapkan capaian itu naik sebelum batas penutupan tahun anggaran nanti.

(ELS/NN)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *