Pj Sekda Fonataba Optimis Penyerahan DPA Akhir Januari, Lebih Cepat Lebih Baik

Pj Sekda Papua Barat Jacob Fonataba. (Foto: RED)

MANOKWARI – Penjabat Sekda Papua Barat Jacob Fonataba optimis penyerahan Daftar Pelaksana Anggaran (DPA) lebih cepat dari tahun sebelumnya.

“Saya optimis penyerahan DPA akhir Januari. Kita kerja cepat sebab hitungannya sisa delapan hari waktu kerja efektif,” ujarnya usai apel pagi di kantor gubernur, Senin (22/1/2024).

Sejauh ini laporan tim anggaran pemerintah daerah (TAPD) menyebut kerangka susunan mata anggaran DPA mencapai 90 persen. Proses ini berjalan sesuai sinkronisasi Renstra RPJMD pemprov dengan berbagai usulan dan pertimbangan.

“Dilihat program yang belum rampung, sesuaikan dengan usulan. Memang ada beberapa perubahan mata anggaran, tapi bisa diselesaikan,” kata dia lagi.

Fonataba mengaku kalender Pemilu salah satu agenda yang ikut mendorong percepatan penyerahan DPA. Sebab, beberapa mata anggaran juga masuk dalam program pesta demokrasi tersebut.

Diharapkan usulan program OPD dalam DPA nantinya berjalan efektif sesuai jadwal yang direncanakan. Jika lebih cepat lebih baik, DPA yang dimaksud bisa diterima sesuai harapan.

“Kita efektifkan secepatnya. Kemendagri juga menunggu kesiapan daerah. Ini rutinitas setiap tahun dan tinggal menunggu penomoran registrasi,” paparnya.

“Tahun lalu DPA diserahkan Maret, saya ingin lebih cepat agar kerja sesuai limit waktu,” singkat Fonataba.

(RED/NN)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *