Polisi Bakal Periksa Pejabat DLHP Jika Tunda Realisasi Gaji Petugas Kebersihan

Foto: Kapolresta Manokwari Kombes Rivadin Benny Simangunsong bersama Plt Kadis DLHP Fredy Viktor Risamasu (baju hijau) di tengah aksi blokade jalan Pahlawan, Jumat (21/6/2024). (RED/NN)

MANOKWARI – Dinas Lingkungan Hidup dan Pertanahan Pemkab Manokwari, diminta memastikan realisasi pembayaran gaji petugas kebersihan, Senin (24/6/2024).

Permintaan ini terkait blokade jalan Pahlawan, Jumat pagi. Aksi itu juga pernah dilakukan bulan Mei, dengan tuntutan yang sama.

Kapolresta Manokwari Kombes Rivadin Benny Simangunsong mempertanyakan kepastian pembayaran gaji saat negosiasi untuk membuka blokade jalan.

“Harus dipastikan Senin. Kalau tidak saya perintahkan kasat Reskrim untuk periksa semua perangkat di DLH Manokwari,” tegasnya.

“Saya minta yang pasti-pasti. Hari Senin yah, kalau tidak bapak saya periksa,” ulangnya sembari mengarah ke Plt Kadis Lingkungan Hidup dan Pertanahan Manokwari Fredy Viktor Risamasu.

Dihadapan petugas kebersihan, Kapolresta menggambarkan proses pencairan uang negara yang tak mudah. Contohnya, gaji Polri minimal diajukan untuk pencarian paling cepat tiga hari.

Kapolresta memahami alokasi anggaran Pemkab Manokwari, tentu tak hanya untuk satu dinas atau badan. Meski demikian, ia menginginkan agar masalah ini tidak berlarut-larut.

Ia tak ingin muncul masalah baru akibat keterlambatan pembayaran hak petugas kebersihan. Artinya, pihak kepolisian siap menjadi penengah untuk menyelesaikan masalah tanpa harus memblokade fasilitas umum.

“Manokwari ini Kota Injil, bukan kota palang. Bagaimana orang mau masuk ke sini nanti,” paparnya.

Fredy mengaku akan memastikan realisasi pembayaran gaji petugas kebersihan, Senin nanti. Ini sudah dikomunikasikan dengan bendahara di bagian keuangan Pemkab Manokwari.

“Saya sudah koordinasi untuk pastikan pembayaran gaji Senin nanti,” singkatnya.

Negosiasi sempat berjalan alot namun berakhir damai. Petugas kebersihan sepakat untuk membuka blokade jalan namun menunggu realisasi pembayaran tunggakan gaji dua bulan.

(RED/NN)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *