493 TPS di Manokwari Aman, Ketua KPU : Terima Kasih!



Ketua KPU Manokwari, Abdul Muin Salewe. (red/nn)

MANOKWARI, NokenNews.com – Pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) kabupaten Manokwari, Rabu 9 Desember 2020 berjalan aman dan lancar. Beberapa kendala yang terjadi di TPS, dinilai bukan masalah yang berarti.

Ketua KPU Manokwari, Abdul Muin Salewe mengungkap Pilkada Manokwari, digelar di 493 TPS yang tersebar di 9 distrik dan 173 kampung. Dan, tak ada kendala berarti yang ditemukan sejauh ini.

“Sejauh pengamatan kami (KPU), hingga penghitungan suara masih kondusif. Terima kasih atas partisipasi warga Manokwari,” jelasnya Rabu (9/12/2020).

Ditemui di kantor KPU Manokwari, ia menilai sukses pelaksanaan Pilkada serentak 2020 di Manokwari, tak lepas dari peran serta masyarakat, termasuk kandidat, tim sukses dan seluruh pihak terkait.

Muin berharap kondisi yang sama tercipta hingga pelaksanaan rapat pleno di KPU Manokwari, 14-17 Desember 2020 mendatang. Usai pencoblosan, tahap selanjutnya adalah rekapitulasi penghitungan suara oleh Panitia Penyelenggara Distrik (PPD).

“Jadwal dan tahapan rekapitulasi sesuai Peraturan KPU Nomor 5 Tahun 2020. Kita berharap semua berjalan sesuai rencana, aman dan lancar,” terang Muin.

Dalam kesempatan yang sama, ia juga menilai tingkat partisipasi pemilih dalam Pilkada tahun ini cukup baik. Dicontohkan sesuai laporan yang diterima, salah satu TPS di Distrik Tanah Rubuh, tercatat 90 persen pemilih menyalurkan hak suara.

“KPU Manokwari, targetkan lebih 80 persen partisipasi pemilih yang menyalurkan hak suaranya. Saat Pileg lalu capai 87 persen. Intinya semua TPS menggelar pemilihan, tak ada yang ditunda,” singkatnya.

Pilkada Manokwari 2020, diikuti pasangan nomor urut 1, Sius Dowansiba-Rudy Timisela (SMART) dan pasangan nomor urut 2, Hermus Indou-Edy Budoyo (HEBO).

Sesuai data sebelumnya, Daftar Pemilih Tetap di Kabupaten Manokwari, berjumlah 136.395 pemilih, terdiri dari 69.870 pemilih laki-laki dan 66.525 pemilih perempuan. (red/nn)

Author

Redaksi Noken News

Tinggalkan Balasan