Bawaslu Manokwari Kabulkan Gugatan Romansa



Foto : Paslon Romansa menandatangani berkas usai putusan sidang di kantor Bawaslu Manokwari, Selasa (10/3/2020).

MANOKWARI, Nokennews.com – Badan Pengawas Pemilihan Umum Kabupaten Manokwari, menyetujui berkas sengketa pemohon bakal calon bupati dan wakil bupati, Ronald Mambieuw dan Eunike E. Musa (Romansa).

Hal ini diputuskan melalui Sidang putusan sengketa Pemilu di sekretariat Bawaslu Manokwari, Selasa (10/3/2020).

Gugatan pasangan calon Romansa terkait sengketa Pemilu didaftar ke Bawaslu Manokwari, 26 Februari 2020. Gugatan ini berisikan aduan KPU Manokwari yang dinilai melakukan tahapan verifikasi dalam pemeriksaan berkas dokumen di KPU Manokwari tanggal 23 Februari 2020.

Pimpinan Sidang yang juga Ketua Bawaslu Manokwari, Syors A. Prawar menerima permohonan pemohon dan membatalkan berita acara KPU tentang hasil pengecekan pemenuhan jumlah dukungan serta sebaran dukungan dalam pemilihan bupati dan wakil bupati Tahun 2020.

Bawaslu juga memerintahkan pemohon (KPU) melengkapi syarat jumlah dukungan dan sebaran, dengan melengkapi B.1.1-KWK perseorangan dan B.2-KWK perseorangan berdasarkan Silon (Sistem Informasi Pencalonan).

Bawaslu juga memerintahkan termohon untuk melengkapi syarat dukungan dan sebaran berdasarkan B.1-KWK perseorangan terhadap B.1.1-KWK perseorangan dan B.2-KWK perseorangan. Termohon diminta memberikan akses sistem Silon bagi Pemohon.

Komisionar KPU Divisi Hukum, Herry Lolo menjelaskan pihaknya akan menggelar pleno untuk menindaklanjuti hasil putusan Bawaslu Manokwari.

“Kami (KPU) sesuai mekanisme dan prosedur, tetapi mungkin Bawaslu melihat dari sisi hukum yang lain. Berdasarkan batasan waktu 3 hari yang diberikan, kami akan melakukan pleno bersama Komisioner lainnya sebelum mengambil langkah selanjutnya,” singkatnya. (ajm/nn)

Author

Redaksi Noken News

Tinggalkan Balasan