Dibekali Bimtek, 500 Orang Disiapkan Awasi TPS di Manokwari



Gambar Logo Bawaslu. TPS di Manokwari, diawasi 500 Pengawas. (Ist/nn)

MANOKWARI. NokenNews.com – Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawalsu) Kabupaten Manokwari Papua Barat, menyiapkan pengawas TPS untuk Pilkada 9 Desember 2020.

Sebanyak 500 pengawas TPS disiapkan Bawaslu. Untuk memaksimalkan kinerja, pengawas dibekali dua kali Bimbingan Teknis (Bimtek).

“Bimtek pertama sudah digelar setelah mereka (pengawas) dilantik 16 November, tinggal sekali lagi tanggal 3 Desember nanti, ujar anggota Bawaslu Manokwari, Nur Laila Muhammad, dibalik ponsel, Jumat (20/11/2020).

Menurutnya, pengawas yang dibekali Bimtek nantinya bertugas untuk mengawasi pelaksanaan Pilkada, 9 Desember, termasuk mencatat dan dokumentasi situasi di TPS.

Sesuai data terdapat 500 TPS di Manokwari, yang artinya satu TPS diawasi satu orang pengawas saat pemungutan suara berlangsung. Dan, pengawasan ini diharapkan berjalan maksimal.

Jika nantinya ditemukan ada pengawas yang berperan ganda sebagai tim sukses, maka akan diganti. Para pengawas diharapkan berperan netral demi menyukseskan Pilkada.

“Kami siapkan formulir pengawasan dan wajib diisi pengawas sesuai dengan perkembangan yang terjadi di TPS saat pemilihan,” singkatnya sembari mengaku Bawaslu siap mengawasi Pilkada Manokwari. (pzk/nn)

Author

Redaksi Noken News

Tinggalkan Balasan