Ini Kata Bupati AFU Soal Partisipasi Pemilih di Raja Ampat



Bupati Raja Ampat, Abdul Faris Umlati menyalurkan hak pilih di TPS 06, Kelurahan Sapordanco Distrik Kota Waisai, Rabu (9/12/2020). (ars/nn)

WAISAI, NokenNews.com – Bupati Raja Ampat, Abdul Faris Umlati, angkat suara terkait partisipasi pemilih saat Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak, 9 Desember 2020.

Dari pengamatannya usai menyalurkan hak suara di TPS 06, Kelurahan Sapordanco Distrik Kota Waisai, masih banyak warga yang belum diakomodir dalam Daftar Pemilih Tetap.

“Ada juga warga yang hingga hari H pemilihan, belum mendapat undangan. Saya kira banyak hak politik warga yang belum terakomodir dalam Pemilu kali ini,” bebernya.

Pria yang akrab disapa AFU ini bahkan mencontohkan banyak warga di kota Waisai, ibu kota kabupaten Raja Ampat, yang tidak mendatangi TPS karena tidak mendapat undangan untuk memilih.

Menurutnya penyelenggaraan Pemilu belum maksimal, karena masih banyak warga yang tidak masuk dalam daftar pemilih. Hal ini tentu akan berpengaruh terhadap tingkat partisipasi memilih yang justru diharapkan meningkat dari pemilihan yang sama sebelumnya.

Selain itu, pandemi COVID-19 yang masih berlangsung, diduga bisa menjadi salah satu alasan minimnya tingkat partisipasi pemilih dalam Pillada serentak tahun ini.

Meski demikian, AFU yakin akan mampu meraup 80 persen suara dari 36.804 DPT. Sayangnya ia enggan berkomentar ketika ditanya terkait kotak kosong.

“Saya yakin 80 persen suara,” singkatnya. (ars/nn)

Author

Redaksi Noken News

Tinggalkan Balasan