Jamin Pendidikan Politik, Pemprov PB Bantu Parpol 1,6 Miliar



Penandatanganan Pakta Integritas bantuan anggaran untuk 11 parpol di kursi DPR Papua Barat, di Manokwari, Jumat (20/8/2021). (els/nn)

MANOKWARI – Sebanyak 11 partai politik di DPR Papua Barat, menerima bantuan Rp.1,6 miliar dari Pemprov Papua Barat. Sebelas parpol ini yang mendapatkan kursi di DPR Papua Barat, sesuai hasil Pemilu tahun 2019.

Penyerahan bantuan dirangkum dalam penandatanganan berita acara penyerahan dan juga penandatanganan pakta integritas pada salah satu hotel di Manokwari, Jumat (20/8/2021).

“Bantuan ini untuk menjamin pendidikan politik kepada anggota parpol dan juga simpatisan,” ujar Gubernur Papua Barat, Dominggus Mandacan.

Dukungan anggaran berasal dari APBN dan APBD bagi parpol yang mendapat kursi di DPRD kabupaten/kota dan DPRP serta DPR provinsi. Besaran anggaran untuk parpol disesuaikan dengan jumlah perolehan suara.

Parpol diharapkan memperhatikan batas waktu pertanggungjawaban, paling lambat satu bulan setelah tahun anggaran berakhir tepatnya 30 Januari 2022.

“Jika tidak disampaikan, pengajuan bantuan untuk tahun berikut tergantung hasil pemeriksaan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK),” sebut Gubernur.

Manfaat bantuan ini pula diharapkan untuk pembinaan organisasi Pemilihan Umum serentak tahun 2024 di Papua Barat. (red/nn)

Author

admin

Tinggalkan Balasan