KPU Fakfak Gelar Verfak Perbaikan Bacalon Independen UTAYOH



Foto : Divisi Teknis Penyelenggara pada Komisi Pemilihan Umum kabupaten Fafak, Hasanudin Retob.

FAKFAK, Nokennews.com – Verifikasi faktual bakal calon bupati-wakil bupati Fakfak, jalur independen sedang digelar Komisi Pemilihan Umum (KPU) kabupaten Fakfak.

Sesuai jadwal, verifikasi faktual berlangsung 8-16 Agustus 2020 dan pasangan calon jalur independen yang diverifikasi persyaratannya adalah UTAYOH – Untung Tamsil dan Yohana Dina Hindom.

Verifikasi faktual perbaikan mengacu kepada surat edaran KPU RI Nomor 20 Tahun 2020, tentang pelaksanaan pemilihan Gubernur-Wakil Gubernur, Bupati-Wakil Bupati, Walikota-Wakil Walikota serentak dalam masa pandemi COVID-19.

Divisi Teknis Penyelenggara pada Komisi Pemilihan Umum kabupaten Fafak, Hasanudin Retob mengatakan perbaikan data KTP dilakukan untuk mencapai syarat dukungan 5.179.

“Yang Tidak Memenuhi Syarat (TMS) saat awal itu yang diperbaiki sekarang. Misalnya yang nanya buram, tidak menandatangani formulir dukungan dan beda alamat TPS,” terangnya, Rabu (12/8/2020).

Ia menegaskan kembali verifikasi faktual tetap mengacu kepada aturan KPU RI, bukan berdasarkan keinginan masing-masing pihak.

“Kita lakukan verifikasi faktual dari 17 distrik yang ada. Sisa waktu empat haru lagi dan kita akan lihat, apakah memenuhi syarat atau tidak,” singkatnya.

Perbaikan yang dimaksud misalnya ditemukan data yang tidak sesuai antara  B1-KWK dan B1.1-KWK. Atau berkas dukungan yang diserahkan saat awal, kembali diserahkan saat perbaikan. (red/nn)

Author

Redaksi Noken News

Advertisement

shadow

Tinggalkan Balasan