KPU Pegaf Rencanakan Dua Kali Debat Publik, Pertama 10 November



Yusak Saroy, Devisi Teknis KPU kabupaten Pegunungan Arfak. (pzk/nn)

PEGAF, NokenNews.com – Komisi Pemilihan Umun (KPU) kabupaten Pegunungan Arfak, tengah menyiapkan debat publik jelang pemilihan bupati dan wakil bupati. Sesuai rencana, KPU setempat bakal dua kali menggelar agenda itu.

“Kami sudah siapkan, pelaksanaan tanggal 10 November di kantor DPRD Anggi Pegunungan Arfak,” beber Yusak Saroy, Divisi Teknis KPU Pegunungan Arfak, Kamis (5/11/2020) di distrik Sururey.

KPU juga telah berkoordinasi dengan 5 orang panelis, yang semuanya berasal dari Universitas Papua (Unipa) Manokwari. Sedangkan satu moderator berasal dari Pemprov Papua Barat.

“Kita sudah koordinasi dengan ke lima panelis. Akan ada lima topik utama dalam debat publik, yang nantinya disinkronkan dengan visi-misi pasangan calon,” jelasnya.

Yusak mengaku agenda debat publik itu kemungkinan besar akan digelar dua kali, sesuai dengan Peraturan KPU. Namun rencana itu nantinya merujuk pada petunjuk dari KPU Provinsi Papua Barat.

“Debat pertama digelar di Pegaf, mungkin debat kedua di Manokwari. Tujuannya agar publik juga mengetahui secara luas. Tetap kita minta petunjuk KPU provinsi,” terangnya.

Saat ini tahapan kampanye tetap berjalan, dengan penerapan protokol kesehatan dengan membatasi jumlah peserta hanya 50 orang. Menggunakan masker dan menjaga jarak antara peserta juga diwajibkan.

Yusak juga membeberkan sedikit perubahan terkait hasil rekapan C Plano saat pemilihan 9 Desember 2020. Dimana, hasil rekapan (difoto) langsung diupload ke sistem, tidak lagi dihitung manual dari PPS, PPD dan diantar ke KPU.

“Data dari 166 TPS dan 33 ribu lebih DPT, akan langsung masuk sistem. Lebih cepat dan sistematis. Pilkada Pegaf diikuti satu pasangan, Yosias Saroy-Marinus Mandacan (YOSMAR),” singkatnya. (pzk/nn)

Author

Redaksi Noken News

Tinggalkan Balasan