Mencari Keadilan, Romansa Daftarkan Sengketa ke Bawaslu Manokwari



Foto : Pasangan Romansa resmi mendaftarkan sengketa ke Bawaslu Kabupaten Manokwari, Rabu (26/2/2020).

MANOKWARI, Nokennews.com – Tim Romansa (Ronald Mambieuw dan Reineke E.Musa) bakal pasangan calon  bupati dan wakil bupati Manokwari jalur perseorangan, resmi mendaftar sengketa di Bawaslu Manokwari.

Habel Rumbiak, kuasa hukum Paslon Romansa mengungkap permohonan sengketa yang disampaikan sesuai dengan hak konstitusional kliennya.

“Paslon Romansa merasa dizolimi oleh KPU Manokwari. Kami prinsipnya mencari keadilan,” bebernya kepada wartawan, Rabu (26/2/2020) di Kantor Bawaslu Manokwari.

Ia mengaku dalam dokumen laporan, juga dilampirkan hal yang dinilai mengganjal, termasuk hal lain yang dianggap dilangkahi oleh KPU Manokwari.

“Karena menilai ada kejanggalan, sengketa ini kami.ajukan untuk diluruskan. Saya belum bisa berkomentar lebih, karena kita masih menunggu agenda selanjutnya,” paparnya.

Pengaduan ini diterima Bawaslu namun belum masuk registrasi karena masih dalam masa perbaikan hingga tiga (3) hari ke depan, Jumat (28/2/2020).

“Kami beri waktu bagi tim pemohon untuk memperbaiki, sesuai Peraturan Bawaslu Nomor 15 Tahun 2017,” terang Nurlaila Muhammad, Divisi hukum, penindakan, pelanggaran dan sengketa Bawaslu Kabupaten Manokwari.

Diakui masih ada yang harus ditambahkan dalam berkas aduan yang disampaikan tim paslon Romansa.

Setelah masuk registrasi hari Jumat nanti, Bawaslu akan memproses selama 12 hari ke depan hingga melahirkan keputusan, 11 Maret mendatang.

Sebelumnya, Divisi Teknis penyelenggara  KPU Manokwari, Aplena Alfonsina L.Rumaikeuw, berujar KPU Manokwari siap menerima penyampaian keberatan oleh paslon jalur perseorangan yang telah ditolak.

“Pada prinsipnya kami menunggu. Jika ada proses hukum melalui Bawaslu, kami siap,” singkatnya.(pzk/nn)

Author

Redaksi Noken News

Advertisement

shadow

Tinggalkan Balasan