November, Debat Publik Pilkada Manokwari Libatkan 5 Orang Panelis



Ketua KPU Manokwari, Abdul Muin Salewe. (red/nn)

MANOKWARI, NokenNews.com – Debat publik Pilkada Manokwari, dijadwalkan digelar minggu ke dua bulan November 2020. Akan ada lima orang panelis yang disiapkan sesuai masing-masing bidang.

“Dari lima panelis, empat diantaranya akademisi, satu dari penggiat Pemilu. Debat nanti akan dipandu satu orang moderator,” jelas Ketua KPU Manokwari, Abdul Muin Salewe, Senin (19/10/2020) di Manokwari.

Menurutnya kelima panelis akan berperan memberi masukan atau pun pertanyaan sesuai dengan kompetensi masing-masing. Misalnya pembahasan tentang ekonomi ditangani panelis ahli ekonomi, begitu juga dengan Pemilu ditangani penggiat demokrasi.

Ia mengaku waktu dan tempat pelaksanaan debat itu belum ditentukan, yang pasti digelar sekali dengan melihat perkembangan. Debat akan digelar lagi (ke dua) jika dinilai masih kurang dan membutuhkan pendalaman.

“Kalau sesuai aturan, debat dilakukan tiga kali. Hanya saja saat pandemi COVID-19 seperti ini, kita akan melihat perkembangan dari debat pertama itu,” terangnya.

Pelaksanaan debat publik dipastikan tak jauh beda dengan saat pasangan kandidat melakukan pencabutan nomor urut belum lama ini. Tanpa simpatisan, masa pendukung dan keramaian seperti pelaksanaan Pilkada sebelumnya.

“Kita tetap batasi. Hanya empat panelis, satu moderator, dua pasangan kandidat bersama masing-masing empat orang tim kampanye serta 5 komisioner KPU,” papar pria yang akrab disapa Muin ini.

Pada intinya debat publik pasangan kandidat KPU Manokwari, tetap memperhatikan protokol COVID-19, dengan menghindari adanya kumpulan orang dalam jumlah yang banyak.

Mantan jurnalis yang pernah mengabdi di salah satu stasiun TV nasional ini juga mengungkap KPU Manokwari, berupaya sebaik mungkin agar pelaksanaan debat berjalan aman, lancar dan sukses.

Pilkada 9 Desember 2020 di kabupaten Manokwari, diikuti dua pasangan kandidat, yaitu Hermus Indou-Edy Budoyo (HEBO) dan pasangan Sius Dowansiba-Rudy Timisela (SMART). (red/nn)

Author

Redaksi Noken News

Tinggalkan Balasan