Panggung Pilkada Tak Boleh Usik Keharmonisan Adat Arfak



Tokoh Intelektual Suku Arfak di Manokwari, Daud Indouw.

MANOKWARI, NokenNews.com – Tokoh Intelektual Arfak Papua Barat, Daud Indouw, mengingatkan pentingnya kedamaian jelang Pilkada Manokwari, 9 Desember 2020.

Daud ingin Pilkada Manokwari, berjalan aman, lancar dan sukses. Yang paling utama, harmoni adat Arfak yang terbangun sejak dulu kala tak terusik hanya gara-gara panggung Pilkada.

“Jangan sampai momen politik ini membuat kerukunan adat Arfak terganggu. Kita perlu jaga bersama,” tegasnya, Minggu (1/11/2020) di Manokwari.

Pilkada Manokwari, diikuti pasangan nomor urut 1, Sius Dowansiba-Rudy Timisela (SMART) dan Hermus Indou-Edy Budoyo (HEBO), nomor urut 2. Yang mana, Sius dan Hermus sama-sama sebagai putra Arfak.

Berbicara soal adat Arfak, tak lepas dari sosok Dominggus Mandacan, kepala suku besar yang juga sebagai Gubernur Papua Barat. Dan, belum lama ini nama Dominggus disebut mendukung salah satu pasangan calon di Manokwari.

“Secara partai oke, karena Dominggus Mandacan Ketua DPW Nasdem Papua Barat dan wajib mengamankan kebijakan partai. Tetapi ingat, Gubernur juga sebagai pembina politik untuk semua partai,” tegas Daud.

“Pencatutan sepihak nama Gubernur, dikhawatirkan menimbulkan perpecahan di masyarakat adat Arfak. Apalagi dirilis melalui media. Saya tidak setuju dan mengingatkan agar tidak terulang lagi,” bebernya.

Ia mengingatkan tim sukses, baik SMART dan HEBO, lebih berhati-hati dengan tidak menyebut nama Gubernur Papua Barat, saat berkampanye. Apalagi mengkalim dukungan gubernur terhadap salah satu pasangan.

Menurut dia, kehormatan seorang kepala suku besar Arfak, terlepas dari partai politik. Meski ada kebijakan secara politik, tetapi ada pula tanggung jawab moral terhadap anak-anak Arfak, terutama kedua calon bupati Manokwari.

“Calon bupati Manokwari, Sius dan Hermus adalah dua putra terbaik Arfak. Saya yakin, kepala suku besar Arfak, Dominggus Mandacan tidak berpihak,” akunya.

Sebelumnya, Ketua Tim Sukses HEBO, Aloysius Siep menyebut Ketua DPW Nasdem Papua Barat, Dominggus Mandacan mendukung pasangan HEBOH. Pernyataan ini dirilis media online lokal di Manokwari, Jumat (30/10/2020). (red/nn)

Author

Redaksi Noken News

Tinggalkan Balasan