Panwas Distrik Pariwari Temukan Banyak Data Ganda Verfak Jalur Independen



 

Foto : Ketua Bawaslu Fakfak, Fakri Tukuwain (atas), Ketua Panwaslu Distrik Pariwari, La Ayudin La Andi (kiri bawah) dan Ketua PPD Distrik Pariwari, Yosan Massa. 

FAKFAK, Nokennews.com – Panwas Distrik Pariwari kabupaten Fakfak, menemukan banyak data ganda saat verifikasi faktual dukungan balon kada bupati-wakil bupati Fakfak, melalui jalur independen.

Verifikasi data dalam dua hari di Distrik Pariwari,16-18 Agustus ini disampaikan kepada Panitia Pemilihan Distrik (PPD) Pariwari. Temuan ini juga akan disampaikan kepada Bawaslu dan KPU kabupaten Fakfak.

Ketua PPD Pariwari, Yosan Massa mengungkap temuan data ganda oleh Panwas Distrik akan ditindaklanjuti. Temuan ini karena terdapat kesamaan nama yang pernah dimasukan saat verifikasi administrasi, bulan Juni lalu.

“Status yang kami berikan Tidak Memenuhi Syarat atau TMS. Ada banyak data ganda ditemukan dalam verifikasi faktual ini,” bebernya, Rabu (18/8/2020).

Selain kesamaan nama, ditemukan pula ganda identik dalam data perbaikan tersebut. Setelah temuan saat verifikasi faktual pertama, hal ini langsung dikoordinasikan dengan KPU.

Foto : Penyerahan rekomendasi Panwas Distrik kepada PPD Pariwari.

“Sudah masuk, sekarang dimasukan lagi nama yang sama saat verifikasi faktual perbaikan. Ini tidak bisa dan dinyatakan TMS atau bermasalah,” jelasnya lagi.

Senada, Ketua Panwas Distrik Pariwari, La Ayudin La Andi mengaku temuan data ganda verifikasi perbaikan akan disampaikan kepada KPU. Meski demikian, nama-nama tersebut akan disertakan dalam rekapan.

Ketua Badan Pengawas Pemilu kabupaten Fakfak, Fakri Tukuwain mengaku siap meneruskan rekomendasi sesuai mekanisme dan tata acara sesuai aturan.

“Temuan dari Panwas Distrik, wajib kita tindaklanjuti dalam bentuk rekomendasi. Dan, akan kami sampaikan tanggal 21 Agustus 2020,” ujarnya.

Diakui akan ada rekomendasi perbaikan terhadap temuan data yang tidak sesuai atau dianggap bermasalah tersebut.

Verifikasi faktual ini digelar untuk melengkapi syarat dukungan bacalon bupati dan wakil bupati, Untung Tamsil-Yohana Dina Hindom (UTAYOH) yang maju lewat jalur independen. (red/nn)

Author

Redaksi Noken News

Advertisement

shadow

Tinggalkan Balasan