Pilkada Papua Barat Aman, Kandidat Diingatkan Tak Konvoi Kemenangan



Proses penghitungan suara di TPS 28 RT1/RW1 Sanggeng Manokwari, Rabu (9/12/2020). Pilkada di Papua Barat, berjalan kondusif. (red/nn)

MANOKWARI, NokenNews.com – Pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Bupati dan Wakil Bupati, Rabu 9 Desember 2020, berlangsung aman dan lancar.

Kepala Bidang Humas Polda Papua Barat, AKBP Adam Erwindi mengungkap belum adanya kejadian menonjol yang mengganggu pelaksanaan Pilkada di Papua Barat.

“Hingga pukul 15.36 WIT, situasi pelaksanaan Pilkada di Papua Barat, berlangsung kondusif,” ujarnya via pesan singkat, Rabu sore.

Ia berterima kasih atas partisipasi masyarakat, yang menyukseskan pelaksanaan pesta demokrasi, baik dengan menyalurkan hak pilih sebagai warga negara dan juga menjaga situasi Kamtibmas.

Kondisi seperti ini diharapkan tercipta tidak hanya saat pencoblosan, namun hingga pleno dan penetapan bupati-wakil bupati terpilih oleh KPU setempat.

Bawaslu Papua Barat, mengimbau kandidat dan tim sukses serta simpatisan tidak gegabah merayakan kemenangan. Euforia yang berlebihan, dikhawatirkan bakal memicu pertikaian.

“Jangan menilai dan berspekulasi sebelum penghitungan suara rampung oleh KPU,” pesan Komisioner Bidang Hukum, Data dan Informasi Bawaslu Papua Barat, Muhamad Nazil Hilmi.

Ia mengajak semua pihak, termasuk kandidat, tim sukses dan simpatisan menahan diri sambil mengawal hasil Pilkada hingga penetapan resmi oleh KPU.

Pilkada Papua Barat, digelar 9 kabupaten, diantaranya Manokwari, Manokwari Selatan, Teluk Bintuni, Teluk Wondama, Kaimana, Fakfak, Raja Ampat dan Sorong Selatan serta Pegunungan Arfak.

Tiga diantaranya melawan kotak kosong, yaitu kabupaten Pegunungan Arfak, Raja Ampat dan Manokwari Selatan. (red/nn)

Author

Redaksi Noken News

Advertisement

shadow

Tinggalkan Balasan