SMART dan HEBO Diimbau Taat PKPU dan Maklumat Kapolri



Ketua KPUD Manokwari, Abdul Muin Salewe. (pzk/nn)

MANOKWARI, Nokennews.com – Dua pasangan calon bupati-wakil bupati Manokwari, Sius Dowansiba-Rudy Timisela (SMART) dan Hermus Indou-Edy Budoyo (HEBO), diingatkan taat dan patuh terhadap aturan pelaksanaan kampanye di masa pandemi COVID-19.

“Kampanye dititik beratkan pada pertemuan yang secara terbatas di dalam ruangan. Tentu dengan penerapan protokol kesehatan, dengan pertemuan maksimal 50 orang,” ujar Ketua KPUD Manokwari, Abdul Muin Salewe, Senin (28/9/2020) di Manokwari.

Ia berharap kampanye pasangan calon SMART dan HEBO, memperhatikan PKPU Nomor 6 dan 10, yang diubah menjadi PKPU Nomor 13 tahun 2020 tentang pelaksanaan kampanye terbatas Pilkada serentak 2020.

“Tentu semua ingin Pilkada Manokwari, berjalan aman dan sehat. Tahapan kampanye juga mematuhi aturan yang ada,” jelas Muin.

Kepala Kejaksaan Negeri Manokwari, Damly Rowelcis, SH.

Kepala Kejaksaan Negeri Manokwari, Damly Rowelcis, SH mengungkap tim penegakan hukum terpadu (Gakkumdu) sudah terbentuk dan memantau aktivitas kampanye pasangan calon.

“Ada PKPU 13 dan juga Maklumat Kapolri. Paslon sudah sepakat soal kampanye terbatas, saat penetapan dan pencabutan nomor urut,” bebernya.

Damly mengurai Gakumdu melibatkan unsur kepolisian, kejaksaan dan juga Bawaslu. Akan ada konsekuensi bagi pasangan calon jika melanggar aturan saat kampanye.

Laporan yang diterima Gakkumdu, lanjut dia akan diteruskan dengan menelaah, apakah masuk kategori pelanggaran Pilkada atau masuk kategori pelanggaran administrasi.

“Pilkada di tengah pandemi, tentu ada atura-aturan. Kita awasi tahapan kampanye agar Pilkada Manokwari, nantinya sukses,” singkatnya. (red/nn)

Author

Redaksi Noken News

Advertisement

shadow

Tinggalkan Balasan