Tak Kondusif, Bawaslu Tunda Sidang Gugatan Romansa

KPU Manokwari Tolak Gugatan



Foto : Sidang gugatan Paslon jalur independen Romansa di Bawaslu Kabupaten Manokwari, Selasa (3/3/2020).

MANOKWARI, Nokennews.com – Badan Pengawas Pemilu Kabupaten Manokwari, menunda sidang gugatan Romansa, paslon bupati dan wakil bupati Manokwari jalur independen, Ronald Mambieuw dan Eunike E. Musa, Selasa (3/3/2020) di Sekretariat Bawaslu Manokwari.

Sidang dengan agenda mendengar tanggapan Termohon (KPU) serta pemeriksaan saksi, akhirnya ditunda karena alasan situasi yang kurang kondusif.

“Kami terpaksa hentikan (menunda) proses persidangan, sebab kondisi tidak kondusif, Sidang akan dijadwalkan kembali besok,” kata Nurlaila Muhammad, Divisi hukum, Penindakan, Pelanggaran dan Sengketa Bawaslu Kabupaten Manokwari.

Menurutnya kehadiran Bawaslu untuk memediasi pemohon dan termohon dalam mencari win-win solution atas gugatan tersebut. Musyawarah penyelesaian ini disebutnya bukan sebagai forum ajudikasi.

“Bawaslu berusaha agar kedua pihak mencapai kesepakatan. Bawaslu hadir untuk memediasi kedua pihak,” tegasnya.

Paslon Romansa sebelumnya mengadukan gugatan ke Bawaslu dan menggugat KPU Manokwari, melakukan verifikasi administrasi saat menghitung syarat dukungan.

“Berdasarkan PKPU nomor 18 Tahun 2019 pasal 16 ayat 1, seharusnya KPU melakukan pengecekan jumlah syarat dukungan dan persebarannya,” ujar Kuasa Hukum Romansa, Yan Ch. Warinussy, S.H saat sidang.

Ia menilai terdapat kekeliruan karena KPU langsung melakukan verifikasi administrasi dan faktual usai penyerahan berkas. Seharusnya, verifikasi itu dilakukan pada tahap selanjutnya.

Ketua KPU Manokwari, Abdul Muin Salewe menolak gugatan termohon atas tuduhan verifikasi administrasi yang dilakukan oleh KPU saat penyerahan berkas bakal calon, 23 Februari 2020.

Menurutnya, itu adalah pengecekan berkas sebagaimana sesuai dengan PKPU yang ada.

“Saat penyerahan disaksikan Bawaslu. Setalah itu kita hitung bersama tim paslon secara manual, baik Silon maupun dokumen B1.1KWK perseorangan atau yang ada dalam syarat dukungan itu,” beber Muin.

Hasil penghitungan sesuai data Silon secara manual itu, lanjutnya, didapat 13.815 jumlah dukungan. (ajm/nn)

Author

Redaksi Noken News

Tinggalkan Balasan