Waduh, KTP Ketua KPU Manokwari Masuk Syarat Dukungan Romansa



Foto : Rapat Pleno penyerahan syarat dukungan jalur independen Pemilihan Bupati-Wakil Bupati Manokwari 2020 di KPU Manokwari.

MANOKWARI, Nokennews.com – Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Manokwari, Abdul Muin Salewe kaget saat KTP-nya masuk dalam syarat dukungan pasangan calon jalur independen Pilkada Manokwari 2020.

Ini terungkap usai penyerahan syarat dukungan jalur independen pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Manokwari, Ronald Mambieuw dan Reineke E. Musa, Senin (24/2/2020) di Kantor KPU Manokwari.

Menurut Muin, temuan namanya dan dua komisioner KPU lain di antara 14.490 dalam syarat dukungan paslon Romamsa ini, dipastikan setelah pengecekan secara rinci dilakukan beberapa jam usai penyerahan berkas.

“Kita temukan nama saya dan juga komisioner, ada KTP-nya juga. Sejak kapan ?,” ujarnya di hadapan paslon dan pendukung Romansa.

Menurutnya data berasal dari hasil input KTP sebagai salah satu syarat dukungan jalur Independen. Akan tetapi namanya dan juga komisioner lain ikut dalam belasan ribu data tersebut.

Ia mengaku tak ingin membuka temuan itu namun terpaksa dilalukan karena adanya adu argument terkait hasil pengecekan berkas yang diserahkan paslon.

“Ini memaksa kami untuk membuka temuan itu. Sebenarnya kami tak ingin terang-terangan karena ini mengancam kami. Ini Kita periksa satu per satu,” terangnya.

Secara berbeda, calon Bupati Manokwari, Ronald Mambieuw juga mengaku kaget. Namun, hal ini diduga sebagai keteledoran tim kerjanya atau bisa saja dimainkan oknum tidak bertanggung jawab.

“Kita akan kroscek kembali. Jika sampai nama ketua KPU Manokwari dan komisionernya tidak ada dalam data offline kami, jelas aneh kan?,” paparnya saat ditemui di kediamannya.

“Bisa saja ada orang atau pihak lain yang dengan sengaja mengumpulkan KTP Ketua dan komisioner KPU, tanpa sepengetahuan tim kerja kami,” singkatnya.

Pasangan Romansa menyerahkan 14.490 syarat dukungan KTP ke Kantor KPU Manokwari, Minggu (23/2/2020) malam.

Namun, KPU Manokwari menyatakan pasangan Romansa tidak memenuhi syarat dukungan, salah satunya kekurangan jumlah KTP sesuai data yang sudah diinput. (pzk/nn)

Author

Redaksi Noken News

Tinggalkan Balasan