PON XXI: Manokwari, Sentul Hingga Jakarta, Ini Jadwal Lengkap Puslatda KONI Papua Barat

Foto: Pencanangan Puslatda KONI Papua Barat belum lama ini di Manokwari. (RED/NN)

MANOKWARI – Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Papua Barat, memilah tempat Pemusatan Latihan Daerah (Puslatda) untuk 25 cabang olahraga.

Puslatda 163 atlit dibagi dua, 14 cabor dengan 89 atlit di Manokwari dan 11 cabor dengan 74 atlit di luar Manokwari.

Selain Manokwari, ada pula atlit yang berlatih di Sorong, Kaimana, Manado hingga pulau Jawa.

Sebelas cabor Puslatda: balap motor di Sentul Bogor, Bilyard di Yogyakarta, Voli Pasir dan Indoor di Bandung Jawa Barat, menembak (pelatnas).

Tiga cabor memilih Jakarta sebagai pusat pelatihan, balap sepeda, senam dan tenis lapangan. Atlit panahan berlatih di Karanganyar Jawa Barat.

Cabor Selam dipusatkan di Sorong Papua Barat Daya dan Manado Sulawesi Utara, sementara sebagian cabor lain dipusatkan di Manokwari.

Jadwal Puslatda

Pencangan puslatda diikuti pembinaan mental atlit dengan Nara sumber Dispora, Kemenkumham juga BNN Papua Barat, 26-27 Februari. Kemudian medical check up atlit 8 Februari hingga 2 Maret, pemaparan program oleh pelatih 2-4 Maret.

Tanggal 5-7 Maret jadwal tes untuk kapasitas fisik yang juga diikuti atlit puslatda di luar daerah. Tahap pendaftaran pertama ke PB PON 8 Januari hingga 7 Mei. Tahap kedua dijadwalkan 8 Mei hingga 31 Juli, entry by number untuk para atlit.

Kemudian, finalisasi data sekaligus persiapan seluruh atlit, pelatih dan official pada 22 Agustus. PON XXI Aceh dan Sumut digelar 8-20 September 2024.

Penjabat Gubernur Papua Barat Ali Baham Temongmere mengatakan prestasi merupakan harga yang realistis dari perjuangan atlit di arena PON nanti.

Pesannya untuk atlit di luar daerah, konsentrasi dan fokus mengontrol kebugaran juga ‘menjaga’ mata. Jika tidak, tentu berdampak pada prestasi saat berlaga di PON.

Ketua KONI Papua Barat Dominggus Mandacan yakin akan prestasi Papua Barat, meski dengan persiapan yang cukup singkat.

(RED/NN)

.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *