Psikolog Manokwari Ingatkan Orang Tua Soal Pola Asuh Anak di Era Digitalisasi

dr. Feytie Magda Mawey, psikolog Manokwari dalam sosialisasi dan edukasi pola asuh anak di era digitalisasi.

MANOKWARI – Pakar psikologi di Manokwari, dr. Feytie Magda Mawey, mengingatkan para orang tua tentang pola asuh anak di era teknlologi dan digitalisasi saat ini.

Menurutnya, di era tehnologi saat ini, seorang anak akan menerima lebih banyak informasi yang kemudian tidak informasi itu tidak seimbang akibat loss control orang tua.

“Hal ini bisa memicu anak terpapar virus negatif. Saat ini tantang kita adalah penggunaan internet oleh anak. Ada sisi positif dan negatif yang membutuhkan peran orang tua dalam pembimbingan,” katanya.

Lebih dari itu, kata dia, jejaring media sosial banyak ditemui konten pornografi grafis yang ketika diperoleh seorang anak, hal itu akan mengintimidasi anak dan bisa menimbulkan kecemasan, trauma, atau depresi terhadap anak.

“Hal ini dapat mempengaruhi pertumbuhan anak dan remaja di masa depan. Sebagai orang tua, kita perlu mengatur waktu anak bermain media sosial,” ungkapnya.

Dia lalu meminta orang tua menerapkan sebuah hukuman yang jelas kepada anak ketika melakukan kesalahan dan kemudian pemberikan reward kepada anak jika menaati aturan yang diberikan.

“Hal ini agar anak disiplin dalam pertumbuhan dan perkembangannya,” tambahnya.

(CHL/NN)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *