Rimbawan Sejati, Sosok Almarhum Hendrik Runaweri di Mata Paulus Waterpauw

Tempat peristirahatan terakhir alm. Hendrik Runaweri di Kampung Dowansiba Amban, Manokwari. Almarhum disebut sebagai Rimbawan Sejati. (Foto: ELS)

MANOKWARI – Penjabat Gubernur Papua Barat Komjen Pol (Purn) Paulus Waterpauw, menilai sosok Ir. Fredrik Hendrik Runaweri sebagai Rimbawan Sejati.

Ini terungkap saat pelepasan almarhum dari rumah duka menuju tempat peristirahatan terakhir di Kampung Dowansiba Amban Manokwari, Selasa (8/8/2023).

“Orangnya bertanggungjawab, ceria dan sangat familiar,” ujar Waterpauw kepada wartawan.

Almarhum merupakan ASN tangguh, memulai karir dari tingkat bawah sejak mulai mengabdi di kabupaten Sorong dan Sorong Selatan, sebelum akhirnya sebagai kepala Dinas kehutanan kehutanan Provinsi Papua Barat.

“Dedikasi almarhum diantaranya membentuk 21 Unit Pelaksana Teknis Dinas dan tambahan 10 UPTD setelah pemekaran Papua Barat Daya, juga orientasi bawahan lain di kehutanan,” terangnya lagi.

Waterpauw mengaku kehilangan sosok Rimbawan yang sangat mencintai bidangnya, yaitu Kehutanan.

Pelepasan almarhum Hendrik Runaweri dari rumah duka menuju tempat pemakaman. (Foto: ELS)

Ia pun sempat mendengar almarhum mengalami sakit dan berobat di rumah sakit, bahkan sempat pulang kembali ke rumah.

“Namun Tuhan memiliki rencana yang lain. Itulah kehidupan. Kita tidak tahu kapan dan di mana, semuanya sudah diatur-Nya,” sebut Waterpauw.

Jenderal Purnawirawan Polisi ini tak lupa mengenang kebersamaan saat mereka berada di Meksiko dalam rangka pertemuan negara dan provinsi Konservasi.

Menurutnya, almarhum hobi bergurau dan bergaul dengan siapa saja, bahkan tak canggng untuk berbicara dengan pejabat asing

“Itulah kenangan indah antara saya dan almarhum. Saya atas nama pribadi dan juga mewakili pemerintahan provinsi, turut berduka cita yang mendalam, semoga keluarga menerimanya,” pungkasnya.

Hendrik Runaweri meninggal dunia karena sakit di RSAL dr. Azhar Zahir Manokwari, Minggu (6/8/2023) malam.

(ELS/NN)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *