Roma M P Waterpauw Pimpin Dekranasda Temui Mama Papua, Bicara Soal Stunting

Ketua Dekranasda Papua Barat, Roma M P Waterpauw saat bertemu mama papua di Manokwari.

MANOKWARI – Ketua Dewan Kesenian Nasional Daerah ( Dekranasda) Papua Barat, Roma Megawanty. S. Kom. M. Si
memimpin anggotanya bertemu langsung mama mama papua yang tergabung dalam Forum Perempuan Melanesia Kabupaten Manokwari.

Mereka bertemu dan berbicara terkait persoalan stunting yang belum sepenuhnya dimengerti oleh masyarakat.

“Stunting itu dapat terjadi kepada anak sejak masa proses reproduksi oleh ibu hamil. Resiko stunting dapat terjadi pada kehamilan usia dini yaitu pada ibu dengan usia dibawah 19 tahun akibat pernikahan dini,” ujar Roma saat mensosialisasikan stunting kepada Forum Perempuan Melanesia Kabupaten Manokwari, Jumat (25/8/2023).

Dikatakan Roma, kisaran 45% penyebab stunting adalah pernikahan dini di zaman saat ini, beda hal dengan era beberapa dekade sebelumnya.

“Kalau jaman dulu mungkin masih sehat karena makanan dan minuman cenderung organik, belum mengenal makanan dan minuman yang serba instan,” ungkapnya.

Selain Stunting, faktor lain yang dapat mencegah stunting kata dia adalah mempertahankan sumber pangan keluarga dengan memanfaatkan pekarangan rumah untuk bercocok tanam maupun memelihara ternak ayam sebagai sumber protein.

“Manfaatkan halaman seadanya dengan menanam sayur-sayuran dan obat-obatan. Saya yakin ibu ibu didepan saya ini adalah pejuang hebat,” akunya.

Tak hanya stuntig, Roma juga mengingatkan Forum Perempuan Melanesia yang memiliki usaha, agar bisa melengkapi usaha itu dengan mengurus perijinan seperti, Nomor izin Berusaha (NIB), izin HAKI dan BPOM.

“Ini supaya produk mama mama teruji kualitasnya dan memiliki daya saing. Apabila kesulitan dengan pembiayaan perijinan, kami siap membantu selama dokumen sudah dilengkap,” tandasnya.

(RLS/NN)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *