RSU Papua Barat kini Miliki Alat MRI dan Mammografi, Siap Difungsikan

Pj Gubernur Papua Barat bersama Direktur RSUPB saat meninjau alat Magnetic Resonance Imaging (MRI).

MANOKWARI – Rumah Sakit Umum Provinsi Papua Barat telah memiliki dua alat kesehatan masa kini yang disebut dengan MRI (Magnetic Resonance Imaging) dan Mammografi atau alat untuk pemeriksaan kanker payudara.

Direktur RSU Papua Barat, dr. Arnold Tiniap M.Epid mengatakan, dua alat itu merupakan pengadaan baru dengan anggaran Dana Alokasi Khusus (DAK) Kesehatan senilai 31 Miliar.

“Ini merupakan alat pemeriksaan dengan level yang tinggi saat ini. Sementara kedua alat ini tengah dilakukan penginstalan,” ujar Tiniap disela sela kunjungan Pj Gubernur Papua Barat, Senin kemarin.

Kata dia, MRI akan menjadi penunjang atau alat bantu dokter dalam memberikan diagnosis secara akurat kepada pasien mengenai masalah kesehatan yang dialami.

“Pemeriksaan pada MRI ini akan menghasilkan gambar berupa organ, jaringan, dan sistem rangka dengan resolusi tinggi,” katanya.

Sementara itu, mammogradi atau mammogram merupakan alat untuk menangkap jaringan payudara melalui sinar-x.

“Biasanya, ini untuk mengecek atau mengetahui apakah ada jaringan kanker pada payudara,” terangnya.

Selain menginstal kedua alat ini, pihak RS juga kata Tiniap tengah mempersiapkan ruangan dan alat pendukung lainnya.

Pengadan itu merupakan upaya pemerintah melengkapi ketersediaan pelayanan kesehatan di RS Papua Barat untuk dipersiapkan sebagai rumah sakit rujukan.

(ELS/NN)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *