Sambut HUT RI, Waterpauw Gelorakan Semangat Membangun dari Kampung

Pj Gubernur Papua Barat Komjen Pol (Purn) Paulus Waterpauw membagikan bendera Merah Putih untuk warga Kampung Masabui, Distrik Oransbari, Kabupaten Manokwari Selatan, Sabtu (12/8/2023). (Foto: ELS)

MANSEL – Penjabat Gubernur Papua Barat Komjen Pol (Purn) Paulus Waterpauw, menyerahkan beragam bantuan di Kampung Masabui, Distrik Oransbari, Kabupaten Manokwari Selatan, Sabtu (12/8/2023).

Bantuan 42 mesin babat, 42 pasang sepatu boot, 54 kepala nelon dan 50 paket bapok untuk 48 kepala keluarga termasuk 100 bendera Merah Putih untuk menyambut HUT ke-78 RI.

Penyerahan bantuan mesin babat sebagai bagian dari motivasi untuk menunjang aktivitas masyarakat di kampung itu

“Pemerintah hadir untuk menjawab kebutuhan masyarakat. Tidak hanya di sini, tetapi untuk semua kampung. Kita membangun dari kampung ke kota,” ujarnya.

Waterpauw mengaku belanja masalah tetap menjadi bagian dari tujuannya ke berbagai daerah, termasuk juga ke Manokwari Selatan.

“Mulai dari dusun atau desa, kampung, distrik, kota hingga kabupaten. Semuanya dilakukan agar masyarakat merasakan kehadiran pemerintah untuk menjawab berbagai kebutuhan,” terangnya.

Penyerahan bantuan mesin babat untuk warga kampung Masabui, Oransbari, Kabupaten Manokwari Selatan. (Foto: ELS)

Plt Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Kampung (DPMK) Legius Wanimbo merinci Masabui salah satu dari 57 kampung khusus di Mansel. Secara keseluruhan tercatat 884 kampung di Papua Barat.

“Ini untuk membangun kampung dengan tujuan kesejahteraan masyarakatnya. Bagaimana memberdayakan tetapi mendukung mereka dengan bantuan seperti ini,” paparnya.

Legius menyebut hal penting lainnya adalah bagaimana merubah mindset agar masyarakat kampung tak terkesan bermalas-malasan.

“Hilangkan kebiasaan manja seperti sebelumnya, tetapi di bagian ini harus mendapat dukungan pemerintah daerah. Nah, pemerintah hadir dsb mendukung pembangunan dari kampung ke kota,” kata Legius.

Mesin babat itu dimanfaatkan untuk membersihkan lingkungan yang relevansinya dengan program pemerintah daerah terkait stunting dan kemiskinan ekstrim.

“Membuat lingkungan menjadi bersih untuk menyambut HUT RI dan kesehatan terjamin untuk mendukung program pemerintah terkait stunting dan kemiskinan ekstrim,” sebutnya lagi.

Bantuan program DPMK juga disiapkan untuk kampung yang lain, tetapi penyalurannya setelah perayaan HUT RI.

(ELS/NN)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *