Semangat HUT Rimbawan, Revolusi Hijau untuk Hutan Papua Barat yang Lestari

Foto: Peringatan Hari Bhakti Rimbawan ke-41 di kantor Gubernur Papua Barat, Senin (18/3/2024). (ELS/NN)

MANOKWARI – Penjabat Gubernur Papua Barat Ali Baham Temongmere menggelorakan semangat revolusi Hijau saat peringatan Hari Bakti Rimbawan ke-41, Senin (18/3/2024).

Ia minta semua pihak ikut ambil bagian dalam upaya menjadikan hutan Papua Barat tetap lestari.

“Panggilan jiwa dan tugas kita bersama untuk melestarikan hutan dan alam kita, hutan hujan tropika basah Indonesia,” ujarnya membacakan sambutan Menteri LHK RI Siti Nurbaya.

Konsolidasi dan dedikasi para Rimbawan dibutuhkan untuk menjaga hutan Papua Barat. Peringatan ini sekaligus menjadi harapan meningkatnya kecintaan terhadap lingkungan.

“Evaluasi monitoring dan pengawasan hutan dan laut m untuk Papua Barat, harus dengan mekanisme yang intensif. Tentu berhubungan dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi saat ini,” paparnya.

HUT Rimbawan tahun ini mengambil tema Bakti Rimbawan Untuk Tanah Air, Untuk Bangsa. Makna itu tentu reflektif dan evaluatif sekaligus meneguhkan arah dan cara pandang, menggali ingatan peran Rimbawan sebagai penjaga hutan.

“Mereka (rimbawan) sebagai elemen dan struktur pembentuk bentang alam dan lingkungan serta menjaga semua faktor yang saling mempengaruhi di alam,” singkatnya.

(ELS/NN)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *