Natal Keluarga Besar Byak, Jadi Sahabat dan Rukun Dengan Sesama



Foto : Perayaan Natal keluarga besar Byak di Manokwari.

MANOKWARI, Nokennews.com – Unik dan berkesan. Dua kata ini menggambarkan suasana saat perayaan Natal keluarga besar Byak di Manokwari, Papua Barat, Minggu (29/12/2019).

Seluruh rangkaian Ibadah yang dipusatkan di Gereja GKI Utrech Sau Abasi, Distrik Manokwari Timur ini menggunakan bahasa Byak, termasuk penulisan tema hingga susunan liturgi serta khotbah.

‘Ko kenem Imnis Bati Yena Faro Snon Kaku Bebor Kam’, demikian tema Natal berbahasa Byak sesuai tema Natal secara Nasional, ‘Hidup Sebagai Sahabat Bagi Semua Orang’ (Yohanes 15:14).

Sedangkan Sub Tema ‘Keluarga Besar Byak Harus Hidup Dalam Persaudaraan Yang Baik dan Menjadi Berkat Bagi Sesama’.

Pendeta Paulina Awom, S.Th, dalam khotbahnya mengajak keluarga besar Byak di Manokwari, hidup bersahabat dan hidup rukun dengan sesama.

Dikatakan banyak yang tidak hadir saat perayaan namun tidak mengurangi kebersamaan dan kekompakan dalam kerukunan.

“Filosofi orang Byak harus kuat dan bersatu dalam kerukunan serta menyatukan hati dengan berkarya kepada semua orang,” terangnya.

Kepala Biro Setda Provinsi Papua Barat, A.M Rumbino mengajak seluruh keluarga besar Byak di Manokwari, hidup berdampingan dan rukun sesuai tema Natal.

“Persahabatan Yesus Kristus yang dibangun kepada umat-Nya. Kita diajarkan hidup dalam satu Kerukunan dalam bermasyarakat,” ucapnya.

Ketua Panitia Natal Byak, Berta Koibur berterimakasih kepada semua pihak yang ikut mensukseskan perayaan ini.

“Perayaan Natal Byak tahun depan harus meriah dengan kehadiran lebih banyak orang Byak,” ajak Kepala suku Byak, Petrus Makbon.

Perayaan Natal ini dihadiri berbagai tokoh masyarakat Byak, diantaranya anggota DPD RI Dr. Filep Wamafma, masyarakat serta muda-mudi Byak di Mnokwari. (pzk/nn)

Author

Redaksi Noken News

Tinggalkan Balasan