Sirnas Voli Pantai Papua Barat Seri I 2023 yang Pertama di Tanah Papua

Roy Letlora, pengurus PBVSI yang juga mantan atlit nasional. (Foto: RED)

MANOKWARI – Sirkuit Nasional (Sirnas) Voli Pantai Seri I tahun 2023, digelar di Manokwari, Papua Barat, Juli 2023. Namun sebelumnya lebih dulu digelar kejuaraan daerah (Kejurda).

Bidang Bina Prestasi Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia (PBVSI) Roy Letlora mengatakan kejurda mengawali Sirnas untuk memilih tim Papua Barat.

“Tim dari kabupaten di Papua Barat lebih dulu bertanding. Hasilnya kita lihat, kalau kemampuannya mendekati limit standar nasional, bisa ikut di Sirkuit Nasional,” jelasnya Sabtu (17/6/2023).

“Papua Barat juga punya tim, kalau levelnya mendekati bisa masukan delapan tim hasil Kejurda. Targetnya tiga puluh tim bermain di sirnas,” bebernya lagi.

Menurut dia Sirnas Papua Barat mengawali Seri 2023 Indonesia. Setelah Manokwari, Sirnas digelar di Ambon, Maluku dan di pulau Jawa.

Merupakan kehormatan untuk Papua Barat yang bisa menggelar Sirkuit Nasional Voli Pantai, sekaligus pertama kali di Tanah Papua.

Kata Roy lagi, jika pagelaran Sirnas sukses Papua Barat bisa mengambil bagian untuk menggelar kejuaraan tingkat Asia atau pun tingkat dunia.

“Regulasinya sama untuk tingkat Asia atau dunia. Selain itu semakin banyak peserta asing, semakin terkenal Manokwari dan Papua Barat,” papar mantan atlit nasional ini.

Roy mengaku lapangan yang dibangun di pantai Petrus Kafiar Amban Manokwari, merupakan salah satu lapangan terbaik karena dipenuhi pepohonan (rindang).

Selain itu, UMKM juga masuk target pemerintah daerah dalam kejuaraan nantinya.

Penjabat Gubernur Papua Barat Komjen Pol (purn) Paulus Waterpauw menyebut empat lapangan voli Pantai dilengkapi berbagai fasilitas termasuk tribun berkapasitas 530 orang.

“Di sini ada prestasi olahraga, UMKM dan wisata, pokoknya lengkap. Pengerjaan lapangan ditargetkan rampung akhir Juni karena Juli sudah digelar pertandingan,” ujar Waterpauw yang juga Wakil Ketua I PBVSI ini.


(RED/NN)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *