Skuadron 27 Manuhua- Kodam Kasuari Bersinergi Jaga Darat dan Udara Papua

Peetemuan Danlanud Manuhua Biak Marsma TNI Ronald L Siregar dan Pangdam XVIII/Kasuari Mayjen TNI Gabriel Lema di Makodam Kasuari, Sabtu (19/3). (Foto : Ist/Rls/NN)

MANOKWARI – Pangkalan Udara (Lanud) Manuhua Biak provinsi Papua, membangun sinergitas dengan Kodam XVIII/Kasuari Papua Barat. Kolaborasi dua angkatan ini diyakini menjadi salah satu sinergitas positif untuk mengawal Papua dalam bingkai NKRI.

Hal ini terungkap saat Komandan Pangkalan Udara (Danlanud) Manuhua Biak Marsma TNI Ronald L Siregar, ST, MM, M.Tr.(Han) bertemu Pangdam XVIII/Kasuari Mayjen TNI Gabriel Lema, S.Sos di Manokwari, Sabtu (19/3).

Danlanud mengatakan keberadaan Skuadron 27 sangat memungkinkan untuk mendukung kegiatan Kodam Kasuari dalam hal memberi support lewat udara.

“Kerja sama juga sinergitas antar angkatan sangat penting untuk mendukung tugas operasional. Jadi semuanya harus saling mendukung,” ujar Danlanud melalui rilis yang diterima nokennews.com, Minggu (20/3) malam.

Danlanud Manuhua Biak Marsma TNI Ronald L Siregar, ST, MM, M.Tr.(Han) menerima cinderamata dari Pangdam XVIII/Kasuari Mayjen TNI Gabriel Lema, S.Sos. (Foto : Ist/Rls/NN)

Pangdam dalam kesempatan yang sama mengaku kunjungan itu merupakan momen yang tepat untuk membahas berbagai hal, termasuk tugas utama menjaga kedaulatan wilayah NKRI.

“Kerja sama yang solid adalah kunci keberhasilan dalam setiap tugas menjaga keutuhan Negara,” singkat Pangdam.

Lanud Manuhua berada di kabupaten Biak Numfor provinsi Papua. Statusnya meningkat menjadi Lanud Tipe A Sejak 2018 dibawah kendali Koopsau III yang dipimpin Perwira Bintang Satu.

Beberapa tugas Lanud diantaranya menyiapkan dan melaksanakan pembinaan serta pengoperasian seluruh satuan dalam jajaran. Selain itu melaksanakan pembinaan potensi Dirgantara termasuk mendukung operasi satuan yang lain.

Usai pertemuan di Makodam Kasuari Manokwari, Danlanud Manuhua dan Pangdam XVIII/Kasuari saling bertukar cinderamata. Kemudian Danlanud bersama rombongan kembali terbang menuju Biak. (rls/nn)

.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *