KONI Papua Barat Tes VO2 Max Atlet Dayung, Maret 2021 Giliran Semua Cabor



Tes VO2 Max atlet PODSI Papua Barat, Sabtu (28/11/2020) di BLK Manokwari. (Istimewa)

MANOKWARI, NokenNews.com – Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) provinsi Papua Barat, menggelar tes VO2 Max, Sabtu (28/11/2020) di Manokwari.

Tes ini merupakan permintaan khusus oleh pelatih Persatuan Olahraga Dayung Indonesia (PODSI) Papua Barat, dengan maksud melihat dan mengetahui grafik perkembangan atlet.

“Kekuatan otot dan kemampuan bertahan otot atlet, dilengkapi dengan Tes VO2 Max ini,” ujar Lodwik Akwan, Komisi Pembinaan Prestasi (Binpres) KONI Papua Barat, ditemui di BLK Manokwari.

Menurutnya, ini merupakan tes awal yang akan disusul tes berikut 3 bulan mendatang. Hasilnya akan dievaluasi, apakah atlet menunjukan perkembangan atau tidak.

“Sekitar minggu ke dua Maret 2021, akan ada tes menyeluruh bagi semua atlet cabang olahraga yang masuk PON. Di situ akan dilihat, jika atletnya tidak berkembang, pelatih yang ditegur,” bebernya.

Lodwik Akwan, Komisi Pembinaan Prestasi KONI Papua Barat (kiri), Pelatih Kepala PODSI Papua Barat, Yan Agus Rumbewas. (red/nn)

Mantan petinju Nasional asal Manokwari ini mengungkap TC menyeluruh nantinya sangat penting untuk semua atlet Papua Barat. Hasil itu pula digunakan untuk mencari solusi demi meningkatkan kemampuan atlet ke tahap persiapan.

Pelatih Kepala PODSI Papua Barat, Yan Agus Rumbewas mengaku 35 atletnya disiapkan menuju PON XX Papua, Oktober 2021. Meski demikian, dirinya mengajukan tambahan 5 atlet sebagai cadangan.

“Masing-masing satu atlet untuk Kano, Kayak, Rowing, Swallo dan Dragon Boat atau perahu tradisional,” papar Agus.

Diakui ini merupakan Tes VO2 Max yang ke dua, pasca pencanangan PON beberapa waktu lalu. Akan ada tes berikut yang merupakan akhir dari fase persiapan umum dan masuk fase persiapan khusus.

“Hasil dari Binpres KONI Papua Barat, jadi bahan evaluasi kami. Mereka (atlet) masih menjalani TC di rumah masing-masing,” sebutnya lagi.

Sebagai mantan atlet Dayung, Agus pun yakin akan kemampuan atletnya untuk hasil tes VO2 Max tersebut. Dan, hasil itu juga akan disiapkan program latihan bagi atlet ke depan. (red/nn)

Author

Redaksi Noken News

Tinggalkan Balasan