PASI Papua Barat Baru Loloskan Satu Nomor Lomba ke PON 2020



Foto : Yos Maryen, mantan pelatih Atletik Papua Barat yang kini masuk Tim Monitoring KONI Papua Barat.

MANOKWARI, Nokennews.com – PASI Papua Barat baru meloloskan satu nomor, yakni Tolak Peluru ke PON Papua 2020. Hasil ini didapat Andy Rumainum saat kualifikasi cabang olahraga Atletik di Jawa Barat.

Hingga kini belum ada nomor lain cabang Atletik yang dipastikan lolos ke PON Papua. Pasalnya semua nomor Atletik saat kualifikasi, belum menembus limit yang ditentukan PB PASI pusat.

Sejauh ini sudah tiga ajang lomba yang dijadikan babak kualifikasi, diantaranya Jatim Open, Jawa Barat serta DKI, dengan 46 nomor lomba.

PASI Papua Barat sendiri absen saat Jatim Open dan baru turun di babak kualifikasi Atletik di Jawa Barat dan DKI.

“Salah satu faktor yang sangat berpengaruh adalah sarana dan pra sarana latihan atlet,” beber Yos Maryen, salah satu anggota tim monitoring KONI Papua Barat, Jumat (27/12/2019) di Manokwari.

Dicontohkan lintasan lari yang digunakan atlet Papua Barat saat latihan di Lapangan Kodim 1801 Manokwari, berbeda dengan lintasan saat babak kualifikasi.

“Bagaimana mau mencapai limit atau melewati kalau sarpras saja tidak mendukung,” ujarnya.

Menurutnya kans atlet PASI Papua Barat masih terbuka saat Timika Open, bulan Februari 2020. Babak kualifikasi terakhir ini harus dimanfaatkan sebaik mungkin.

“Biasanya PB PASI melihat dari sistem rangking, misalnya yang mendekati batas limit. Ini dipakai untuk meloloskan atlet ke PON, kecuali Wildcard yang otomatis untuk tuan rumah Papua,” jelasnya.

PASI Papua Barat sendiri mempunyai catatan apik saat mulai mengikuti PON XVII Tahun 2008 di Samarinda, Kalimantan Timur. Medali Emas pertama kontingen Papua Barat berasal dari Cabor Atletik kala itu.

Yos yang juga mantan atlet dan pelatih Atletik mengungkap saat PON XV Tahun 2000 di Surabaya, Jawa Timur dan PON XVI Tahun 2004 di Palembang, Sumatera Selatan, Papua Barat masih bergabung bersama Papua.

“Di PON Samarinda cabang Atletik meraih medali Emas juga,” singkatnya. (pzk/nn)

Author

Redaksi Noken News

Tinggalkan Balasan