Sebelum Try Out, Atlet PON Papua Barat Jalani Dua Tes Ini



Tony Baibaba, Ketua Bidang Pembinaan Prestasi KONI Papua Barat. (red/nn)

MANOKWARI, NokenNews.com – Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Papua Barat, menjadwalkan dua tes penting untuk 216 atlet yang lolos ke PON XX Papua.

Pertama, tes ketahanan fisik atlet yaitu pre tes dan post tes dengan tujuan mengukur keseimbangan mental dan fisik. Ke dua, medical check yang digelar bulan Februari.

“Ada tiga pilar penting, program periodesasi, terkait COVID-19 dan mental training. Medical check ini sekaligus untuk COVID, jika terpapar atlet dipinggirkan dalam waktu tertentu,” ujar Ketua Bidang Bina Prestasi (Binpres) KONI Papua Barat, Tony Baibaba di Manokwari.

Diakui TC cabor PON Papua Barat rencananya dimulai Maret 2021, namun kembali disesuaikan bermacam aspek termasuk dukungan anggaran, sarana dan fasilitas lain.

“Dua bulan ini (Januari-Februari), kita adaptasi dengan program cabor. Sejauh ini cabor dayung meminta TC duluan di Ransiki Manokwari Selatan yang kemudian dilanjutkan di Jayapura,” bebernya.

Selain cabor dayung, Pertina (Tinju) Papua Barat, juga telah mengajukan permintaan untuk menggelar TC duluan bulan Februari nanti. KONI Papua Barat tak menutup kemungkinan jika cabor lainnya meminta hal yang sama.

Soal perlengkapan peralatan dan sarana penunjang cabor, saat ini tim telah berada di Jakarta untuk menjemput. Meski demikian, ia mengaku penjemputan peralatan itu belum terlambat.

“Peralatan ini untuk melengkapi latuhan atlet sebelumnya. Saya kira tidak terlambat dan peralatan ini untuk melengkapi yang sudah ada sebelumnya,” papar Tony.

Sebagai informasi tambahan, hanya cabang olahraga Terjun Payung saja yang atletnya dikontrak dari luar Papua Barat. Jika dipertandingkan di PON XX Papua, sebenarnya cabor Tenis Meja juga demikian.

“Sayangnya tenis meja tidak dipertandingkan di PON kali ini, begitu juga dengan gateball dan dance. Padahal tiga cabor ini target Emas untuk Papua Barat,” singkatnya.

Sesuai rencana, dalam waktu dekat KONI Papua Barat akan kembali menggelar pertemuan membahas persiapan lanjutan cabor menuju PON XX Papua. (red/nn)

Author

Redaksi Noken News

Tinggalkan Balasan