Tim Dayung Papua Barat ‘Menetap’ di Jayapura Hingga PON



Tim Dayung Papua Barat, dalam sebuah kesempatan saat berlatih di Manokwari. (red/nn)

MANOKWARI, NokenNews.com – Tim Dayung Papua Barat, akan menetap di Jayapura Papua hingga pelaksanaan PON XX Papua, Oktober tahun 2021. Selama di Jayapura, tim dayung akan berlatih sekaligus mengikuti sejumlah kompetisi lokal.

Pelatih Kepala Persatuan Olahraga Dayung Seluruh Indonesia, Yan Agus Rumbewas mengatakan tim Dayung Papua Barat, masih menunggu peralatan untuk menunjang latihan atlet.

“Akhir bulan April atau awal Mei, kita sudah ke Jayapura. Di sana kita akan sesuaikan latihan atlet dengan kondisi venue pertandingan yang sebenarnya,” ungkapnya, Rabu (3/3/2021) di Manokwari.

Saat ini peralatan perlengkapan cabor Dayung sudah dibelanjakan KONI Papua Barat, di Jakarta. Harapannya, pengiriman sarpras tersebut dalam sebulan ini bisa secepatnya tiba di Jayapura.

“Jika tiba dalam bulan ini, kita bisa langsung bergeser ke sana (Jayapura). Maksudnya, agar latihan atlet di sana maksimal dengan dukungan peralatan yang ada,” beber Yan.

Salah satu peralatan yang cukup penting adalah Ergo meter. Peralatan dengan inovasi IPTEK ini digunakan untuk mengukur kemampuan atau kekuatan atlet, saat berlatih dalam ruangan (indoor), jika cuaca sedang hujan.

Sedangkan peralatan lainnya berupa perahu untuk masing-masing kelas semisal Kano, Kayak, Rowing, Swallo dan Dragon Boat, juga masih ditunggu PODSI Papua Barat.

“Dalam waktu dekat saya bertolak ke Jayapura. Di sana, saya berkoordinasi untuk mengatur jadwal latihan bersama dengan saudara-saudara kita di sana,” katanya lagi.

Soal atlet cadangan tim Dayung Papua Barat, tetap disiapkan sebagai antisipasi jika atlet inti cidera. Mereka juga didaftarkan ke KONI Papua Barat, tetapi tidak masuk penampungan saat ini.

Tim Dayung Papua Barat, menyiapkan 35 atlet yang siap bertempur di arena PON XX Papua Oktober 2021. Mereka ditemani 11 orang official, yang juga tetap berada di Jayapura hingga pelaksanaan PON nanti. (red/nn)

Author

Redaksi Noken News

Advertisement

shadow

Tinggalkan Balasan