Banyak Orang Papua Layak jadi Pahlawan Nasional



Gubernur Papua Barat, Dominggus Mandacan. (els/nn)

MANOKWARI, NokenNews.com – Gubernur Papua Barat, Dominggus Mandacan menyebut banyak orang asli Papua yang bisa diusulkan menjadi pahlawan Nasional. Ini disampaikan usai peringatan Hari Pahlawan secara virtual di Manokwari, Selasa (10/11/2020).

“Banyak pahlawan lain asal Papua, yang juga sebenarnya layak. Hanya saja perlu pembuktian sejarah dan beberapa dokumen penting untuk membuktikan itu,” ujarnya.

Selain itu, usulan juga diajukan daerah domisili pahlawan yang nantinya akan dicek kembali oleh pemerintah pusat. Minimal memiliki bukti dokumen perjuangan baik surat maupun foto, termasuk keterangan dari keluarga.

Kepala Badan Kesbangpol Pemprov Papua Barat, Baesara Wael mengungkap data para pejuang di daerah berasal dari Dinas Sosial dan juga TNI.

“Sepanjang ada bukti dari keluarga dan ditetapkan pemerintah, itu bisa saja. Biasanya dokumentasi dalam bentuk foto jaman dulu agak susah, lebih banyak bukti dokumen,” bebernya.

Sesuai kata Gubernur, banyak orang Papua yang bisa diusulkan sebagai pahlawan Nasional, diamini Baesara. Apalagi, tercatat banyak organisasi perjuangan saat jaman kemerdekaan.

“Dulu banyak orang tua yang ikut berjuang melawan penjajah. Hanya saja mungkin tidak memiliki bukti seperti yang saya sebutkan tadi, foto atau dokumen,” paparnya.

Tahun ini, Pemerintah RI menetapkan enam Pahlawan Nasional baru, salah satunya dari kabupaten Fakfak, Machmud Singgirei Rumagesan. Tidak menutup kemungkinan, akan muncul lagi Pahlawan Nasional dari Papua tahun 2021.

“Bisa saja demikian. Asal pembuktiannya akurat dan diusulkan daerah. Tahun ini tambah satu pahlawan dari Papua,” singkatnya.

Sementara, empat pahlawan asal Papua, sebelumnya diantaranya Silas Papare, Johames Abraham Dimara, Frans Kaisepo dan Marthen Indey. (els/nn)

Author

Redaksi Noken News

Tinggalkan Balasan