Dukung Otsus, AMPB Bagi Ribuan Selebaran Keberhasilan Pembangunan



Aliansi Masyarakat Papua Barat membagikan selebaran keberhasilan pembangunan di Papua Barat, Senin (8/2/2021) di Manokwari.

MANOKWARI, NokenNews.com – Aliansi Masyarakat Papua Barat, menyatakan sikap mendukung pemerintah untuk keberlanjutan Otonomi Khusus (Otsus) di Papua Barat.

Mereka membagikan 1.000 selebaran berisi capaian pemerintah terhadap pelaksanaan dan pengelolaan dana Otsus di tanah Papua, khususnya Papua Barat,.

Ketua Aliansi Masyarakat Papua Barat, Anthon Worabay menegaskan aksi ini tidak memuat kepentingan segelintir orang, namun lebih kepada aspirasi selaku orang asli Papua atas dukungan kelanjutan Otsus.

Menurutnya, nasib Otsus akan berakhir setelah 20 tahun berjalan dan dampaknya terasa. Baginya, Otsus tetap merupakan masa depan Papua.

“Mari kita benahi jika memang masih ada kekurangan. Otsus, hari ini untuk masa depan Papua,” bebernya saat membagikan selebaran di Jl. Haji Bauw Trikora Wosi Manokwari, Senin (8/2/2021).

Sebagai putra asli Papua, dirinya menegaskan masukan penting terkait perjalanan Otsus wajib disampaikan. Agar, pemerintah melanjutkan yang sudah berhasil dan melanjutkan yang masih tersendat.

Salah satu bukti nyata Otsus, lanjut Anthon adalah pejabat gubernur, bupati bahkan pemekaran menjadi bagian penting dalam pemberdayaan orang asli Papua.

“Hari ini Aliansi Masyarakat Papua Barat menyuarakan Otsus dilanjutkan. Jika ada pihak yang tidak puas, mari kita buka ruang untuk bicara,” paparnya.

Anthon mengaku akan menyampaikan hal ini kepada Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) untuk melakukan safari politik guna perbaikan tahapan pelayanan atau evaluasi Undang-undang Otsus.

“Paling penting diantaranya adalah penggunaan anggaran yang begitu besar dari pemerintah pusat ke daerah yang kemudian mengatur sesuai undang-undang,” singkatnya. (rls/nn)

Author

Redaksi Noken News

Tinggalkan Balasan