Gubernur Papua Barat Mendukung Aspirasi MRP, Bupati-Wabup OAP



Foto : Sosialisasi Hasil Keputusan Pleno Luar Biasa MRP Papua dan MRP PB, tentang Pemenuhan Hak Konstitusional Orang Asli Papua, di Manokwari, Kamis (12/3/2020).

MANOKWARI, Nokennews.com – Majelis Rakyat Papua menginginkan bakal calon Bupati dan Wakil Bupati adalah Orang Asli Papua (OAP) dalam Pilkada serentak, 23 September 2020.

Hal ini terungkap saat Sosialisasi Hasil Keputusan Pleno Luar Biasa MRP Papua dan MRP PB, tentang Pemenuhan Hak Konstitusional Orang Asli Papua, di Manokwari, Kamis (12/3/2020).

Gubernur Papua Barat, Dominggus Mandacan mendukung aspirasi MRP sesuai pasal 27 dan 28 UUD 1945, dengan memperhatikan asas keadilan bagi semua warga Negara.

“Kebijakan Otsus turut melahirkan berbagai kegiatan pembangunan dan pemenuhan Hak dasar Orang Asli Papua,” ujar gubernur diwakili Staf Ahli Gubernur Bidang Otonomi Khusus dan Pemerintahan, Roberth Rumbekwan.

Menurutnya pemenuhan hak-hak politik dan hak dasar lainnya, merupakan tantangan ke depan yg solusinya harus dicari bersama.

Merujuk pasal 27 dan 28 UUD 1945, hak konstitusional bukan saja hak politik, namun juga hak mendapat jabatan publik, pembentukan Partai Politik Lokal, mendapat perlindungan hukum dan Hak mendapat perlukan hukum yang adil sebagai warga Negara.

Ia menyebut Hak Politik OAP digolongkan berdasarkan kepemilikan tanah adat, ras Melanesia dan memiliki aturan luhur yang dimiliki dan dianut sebagai warisan.

Pleno luar biasa yang digelar MRP Papua dan Papua Barat, dinilai sebagai upaya legal untuk memperjuangkan hak konstitusional. Dan hasilnya akan disosialisasikan kepada semua masyarakat.

‘Pemerintah mendukung sesuai tugas dan kewenangannya. Kami harap tujuan mulia ini tidak berdampak buruk dan menimbulkan ketidakadilan bagi semua Warga Negara Indonesia,” papar Roberth.

Di sisi lain, MRP Papua dan Papua Barat juga menginginkan pembahasan Otsus Plus Jilid II, harus dibahas bersama di daerah.

“Harus dibahas bersama di Papua dulu baru hasilnya dibawa ke Jakarta,” singkat Cyrilius Adopak, Wakil Ketua 1 MRP Papua Barat. (ajm/nn)

Author

Redaksi Noken News

Advertisement

shadow

Tinggalkan Balasan