HUT ke-12 KNPB, Alex : Jadi Refleksi Internal Perjuangan



Ibadah syukur perayaan 12 tahun Komite Nasional Papua Barat (KNPB) wilayah Mnukwar, Kamis (19/11/2020). (Ist/nn)

MANOKWARI, NokenNews.com – Komite Nasional Papua Barat (KNPB), memperingati hari jadi ke-12 tahun, Kamis (19/11/2020). Di Manokwari, perayaan digelar sederhana dalam sebuah ibadah syukur di Asrama Yalimo, Amban Manokwari Papua Barat.

Ketua KNPB Wilayah Mnukwar (Manokwari), Alexander Nekenem mengatakan HUT kali ini lebih kepada refleksi pergerakan dan perjuangan serta membenahi berbagai kemajuan selama 12 tahun.

“Kita lebih kepada membangun kebersamaan demi mewujudkan cita-cita dan satu tujuan rakyat Papua,” bebernya dibalik ponsel.

Menurut dia, tujuan dan cita-cita yang dimaksud adalah mencapai Referendum, dengan menggerakkan mogok sipil termasuk menolak Otsus Jilid II. Rakyat Papua, lanjut dia harus sadar dan bangkit bersatu.

Ia mengaku perjuangan yang dilakukan tentu memiliki konsekuensi berat, bahkan nyawa menjadi taruhan. Alex sendiri pernah masuk jeruji besi di Manokwari, karena menyuarakan aspirasi rakyat Papua.

“Itu semua merupakan bagian dan tidak bisa terhindar dari berbagai ancaman dan masuk bagian dari perjuangan revolusi,” bebernya.

Di sisi berbeda, ia juga mengecam upaya dan tindakan penolakan RDP Otsus di beberapa wilayah adat di Papua. Baginya, hal tersebut sama artinya melanggar konstitusi Undang-undang Otsus Nomor 21 Tahun 2001.

“Siapa pun yang melakukan itu, sama saja melakukan upaya makar karena melanggar Undang-undang Otsus. MRP jalankan perintah Undang-undang, RDP untuk mengumpul aspirasi rakyat Papua terkait Otsus,” singkatnya. (red/nn)

Author

Redaksi Noken News

Tinggalkan Balasan