Kehadiran YPK Ikut Mencetak SDM Berkualitas di Tanah Papua



Gubernur Dominggus Mandacan, saat perayaan HUT YPK ke-59 di GKI Ebenhazer Manokwari, Senin (8/3/2021).

MANOKWARI, NokenNews.com – Kehadiran Yayasan Pendidikan Kristen (YPK), diyakini sebagai lembaga pendidikan yang mampu mencetak SDM berdaya saing, inovatif dan mandiri. Menginjak usianya yang ke-59 tahun, YPK diharapkan terus berkiprah menjadi lembaga pendidikan untuk orang Papua.

“Kita bersyukur hadirnya YPK di tanah Papua, membantu pemerintah memenuhi sasaran pendidikan yang layak bagi masyarakat Papua,” ujar Gubernur Papua Barat, Dominggus Mandacan saat hari jadi YPK ke-59 di GKI Ebenhazer Manokwari, Senin (8/3/2021).

Menurutnya kehadiran pendidikan YPK selaras dengan proses pembangunan bangsa, sesuai Undang Undang Dasar 1945. YPK juga memberi kesempatan luas bagi masyarakat demi peningkatan kualitas berbagai jenjang pendidikan.

Gubernur menyebut pendidikan YPK juga telah banyak mencetak generasi bangsa hingga saat ini.

Perayaan HUT YPK ke-59 di GKI Ebenhazer Manokwari, Senin (8/3/2021). (knn/nn)

“Pendidikan sangat penting sebagai proses pembangunan, termasuk menata budaya hidup sebuah bangsa,” terang gubernur.

Dengan sistem manajemen yang baik, keberadaan YPK dengan karya-karya pendidikan diyakini akan lebih baik ke depan. Terutama mengabdi untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat Papua, termasuk di Manokwari.

“Selamat merayakan hari jadi YPK ke-59 di tanah Papua. Semoga semakin maju dan berkarya di tanah ini,” singkatnya.

Pendidikan YPK diyakini tak lepas dari kehadiran dua misionaris Ottow dan Geissler tahun 1855. Kedua penginjil itu telah meletakan dasar pendidikan yang kuat dengan tujuan mengangkat harkat dan martabat orang asli Papua.

Tahun 1857, pendidikan berawal dari bilik kamar Ottow saat itu. Istrinya, Bles Ottow, tercatat sebagai guru pertama bagi orang asli Papua, dengan 9 mata pelajaran, berkebun, bercocok tanam, kesehatan, hidup sehat, membaca, menulis, berhitung, bernyanyi dan berdoa. (knn/nn)

Author

Redaksi Noken News

Advertisement

shadow

Tinggalkan Balasan