Otsus Harus Benar-benar Kekhususan, ‘Jangan Hanya Di Atas Kertas’



Ketua Panitia Khusus (Pansus) DPR RI, Komarudin Watubun.

Ketua Panitia Khusus (Pansus) DPR RI, Komarudin Watubun. (red/nn)

MANOKWARI – Ketua Panitia Khusus (Pansus) DPR RI, Komarudin Watubun mengungkap pemberlakuan UU Otonomi Khusus 21 tahun 2001, harus benar mengimplementasikan kekhususan.

“Harus itu. Jangan hanya taunya bilang Otsus padahal hanya di atas kertas, tetapi pelaksanaannya tidak mencerminkan apa yang namanya kekhususan bagi orang asli Papua,” tegasnya usai rapat pembahasan umum revisi UU Otsus di Manokwari, Senin (3/5/2021).

Menurut dia, dua pasal dalam revisi UU Otsus yang dirubah yakni penambahan 2,5 persen Dana Alokasi Umum (DAU) dan pasal tentang pemekaran. Untuk pasal lainnya masih akan ditinjau kembali, karena pembahasan ini masih berlanjut.

“Kita tinggal lihat saja pasal mana yang sudah dilaksanakan sesuai dengan amanat UU, dan mana yang belum. Kita tidak bisa saling menyalahkan,pusat disalahkan atau sebaliknya,” terangnya.

Baginya, Otsus laiknya menginjakan pedal gas mobil. Terus berjalan ke depan tetapi selalu melihat di spion. Artinya, bergerak maju namun tetap melihat ke belakang, mana yang kurang diperbaiki.

Kedatangannya ke Manokwari Papua Barat, sekaligus mengajak Dirjen Otda Kemendagri, perwakilan Kementrian Keuangan dan Kementrian Koperasi. Sekaligus agar mendengar langsung aspirasi.

Apalagi, selama ini kewenangan UU Otsus dinilai masih sering bertabrakan dengan UU sektoral yang ujung-ujungnya menciptakan ego sektoral.

Soal pemekaran, pemerintah pusat mengusulkan tambahan satu pasal agar pemerintah dan DPR dapat mengusulkan, tentunya datang dari aspirasi rakyat. Namun, juga dilihat dari beberapa hal seperti jumlah penduduk dan syarat lainnya.

“Kita keliling untuk inventarisir, masukan serta saran. Proses ini masih berjalan. Nanti akan ada rapat 9 fraksi yang juga mengundang Panglima TNI dan Kapolri. Apalagi sekarang masalah keamanan menjadi perhatian,” paparnya. (red/nn)

Author

Redaksi Noken News

Advertisement

shadow

Tinggalkan Balasan