Tim Surveilance Dinkes Sasar Imunisasi dan Gizi Balita di Pegunungan Arfak

Tim Surveilance Dinkes Papua Barat gelar Upaya Kesehatan Berbasis Masyarakat (UKBM) di Kabupaten Pegunungan Arfak (Pegaf), Rabu (6/12/2023). (Foto: ELS)

PEGAF – Tim Surveilance Dinas Kesehatan Provinsi Papua Barat, kembali menggelar Upaya Kesehatan Berbasis Masyarakat (UKBM) di Kabupaten Pegunungan Arfak (Pegaf), Rabu (6/12/2023).

Kegiatan ini berbarengan dengan perekaman administrasi kependudukan dan pendaftaran kartu BPJS untuk orang asli Papua (OAP).

Abdul Haris Renyaan penanggungjawab kegiatan mengaku, surveilance gizi sekaligus juga imunisasi dan pengobatan massal.

“Pemberian susu untuk balita 1 hingga 3 tahun terkait upaya menekan stunting juga edukasi gizi sekaligus imunisasi,” ujarnya kepada nokennews.com.

Sebelumnya tim juga menggelar kegiatan yang sama tiga minggu lalu.

“Untuk imunisasi belum maksimal karena kebetulan siswa SD sedang menghadapi ulangan. Tapi kita fokus untuk yang benar-benar belum mendapat imunisasi,” bebernya.

Kebersamaan tim Dinkes Papua Barat bersama petugas medis Puskesmas Sururey. (Foto: ELS)

Kegiatan ini mendapat sambutan antusias masyarakat kampung Saugeba, Distrik Sururey. Hanya saja mereka ingin layanan berikut lengkap dengan pemeriksaan darah hasil laboratorium.

“Masyarakat berharap mendapat layanan kesehatan yang lebih baik, apalagi puskesmas Sururey dalam tahap untuk mendapat akreditasi,” ujarnya lagi.

Haris mengaku kegiatan serupa berjenjang demi memenuhi kebutuhan masyarakat.

Diketahui kegiatan digelar tiga tim Dinas Kesehatan provinsi Papua Barat, selain di Kabupaten Pegaf, dua tim lain bertugas di Teluk Bintuni dan Fakfak.

(ELS/NN)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *