Tak Lama Lagi Kasus Korupsi Dandes Pulau Mansinam Tuntas



Foto : Kapolres Manokwari, AKBP Dedy Foury Millewa.

MANOKWARI, Nokennews.com – Kasus dugaan korupsi Dana Desa di Pulau Mansinam, Distrik Manokwari Timur, sudah dilimpahkan Polres Manokwari (P19), sejak Desember 2019 lalu.

Penyidik Reskrim Polres Manokwari kini sedang berkoordinasi dengan Kejaksaan Negeri Manokwari, guna pelimpahan tersangka dan barang bukti (P21).

Dugaan korupsi yang masuk catatan Tipikor Polres Manokwari ini menyeret 2 tersangka, kepala desa dan bendahara masing-masing berinisial ZDR dan BR. Kasus ini merugikan Negara Rp. 415.037.850 Juta dari anggaran Dana Desa Tahun 2017.

“Tinggal P21 dan diusahakan rampung Januari ini. Kami juga koordinasi agar kasus ini tidak mengganggu jalannya perayaan HUT Pekabaran Injil 5 Februari nanti,” ujar Kapolres Manokwari, AKBP Deddy Foury Millewa, Senin (6/1/2020).

Hasil gelar perkara, kedua tersangka mengaku menggunakan sebagian dari Rp. 998. 603.710 Dana Desa 2017. Indikasi kerugian Negara diperkuat hasil audit Badan Pengawas Kuangan (BPKP) Perwakilan Papua Barat.

Penyidik telah memeriksa 37 saksi untuk mendalami penyelidikan 9 program kerja seperti, jalan rabat beton, bantuan posyandu, Paud, PKK, Karang Taruna, pembuatan sumur, rehap rumah warga, pembangunan gedung PKK dan rehap balai kampung.

“Ada beberapa proyek yang tidak sesuai dengan penggunaan anggaran dan berbeda dengan laporan pertanggung jawaban. Inilah yang menimbulkan kerugian Negara,” jelasnya.

Disisi lain Polres Manokwari juga menargetkan dua kasus korupsi lain yang sedang diselidiki. Yang jelas, target menyelesaikan dua kasus Tahun 2020 akan diupayakan. (pzk/nn)

Author

Redaksi Noken News

Tinggalkan Balasan