Usai Garuda, Pemprov Papua Barat Lobi Air Asia ke Manokwari



Foto : Kabid Perkeretaapian Dinas Perhubungan Papua Barat, Markus L Sabarofek. (kanan)

MANOKWARI, Nokennews.com – Pemerintah Provinsi Papua Barat sedang mengupayakan untuk menambah mas kapai penerbangan di Manokwari. Setelah Garuda, kini lobi untuk mas kapai Air Asia sedang dilakukan.

Kepala Bidang Perkeretaapian pada Dinas Perhubungan Papua Barat, Max L. Sabarofek mengungkap langkah yang diambil untuk menambah variasi mas kapai yang beroperasi di ibu kota Papua Barat, Manokwari.

“Lebih banyak pesawat yang masuk Manokwari, harga tiket bisa murah. Ini sesuai dengan hukum ekonomi, semakin banyak barang, harganya semakin turun,” ujarnya, Senin (6/1/2020).

Gubernur Papua Barat, Dominggus Mandacan sudah mengirim surat resmi kepada Dirjen Perhubungan Udara. Saat ini tingkatan lobi pun sudah dilakukan hingga ke pihak maskapai.

Menurutnya pihak maskapai Air Asia sendiri tidak keberatan dan siap untuk membua rute penerbangan ke Manokwari. Hanya saja sebelumnya harus mengantongi ijin penerbangan dan membuka koneksi.

“Koneksi ini rute penerbangan. Harus juga koordinasi dengan Dirjen Perhubungan Udara. Seperti Lion Air yang kini sedang menyiapkan rute penerbangan di Jayapura,” terangnya.

Sama halnya dengan maskapai Garuda Indonesia yang baru saja disepakati akan kembali membuka rute penerbangan dari dan ke Manokwari. Begitu juga dengan Batik Air yang sudah membuka rute penerbangan dari Manokwari ke Jayapura dan sebaliknya.

“Kita berdoa semoga tahun ini Air Asia bisa masuk ke Manokwari,” singkatnya. (pzk/nn)

Author

Redaksi Noken News

Tinggalkan Balasan