Tradisi Adat Sambut Pj Gubernur Waterpauw di Pulau Gag Raja Ampat

Tradisi adat sambut rombongan Pj Gubernur Papua Barat Komjen Pol (Purn) Drs. Paulus Waterpauw, M.Si di Pulau Gag, Raja Ampat, Sabtu (30/7). (Istimewa)

RAJA AMPAT – Penjabat Gubernur Papua Barat, Komjen Pol (Pur) Drs. Paulus Waterpauw, M.Si disambut tradisi adat di Pulau Gag, Distrik Waigeo Barat kabupaten Raja Ampat, Sabtu (30/7).

Ia bersama rombongan Pemprov Papua Barat, ditemani Wali Kota Sorong, Lamberth Jitmau, menghadiri perayaan Tahun Baru Islam 1 Muharam 1444 Hijriah.

Prosesi adat Mansorandak dilakukan para tetua adat, diiringi pengalungan bunga. Setelah itu rombongan juga disambut tarian Cakalele dengan penyerahan Parang dan Salawaku kepada Pj Gubernur dan Wali Kota.

Penyambutan kian meriah saat rombongan disambut tarian Lalayon, pada momen itu Pj Gubernur dan Wali Kota turut serta menari.

Dalam kesempatan yang sama, Waterpauw mengatakan tradisi adat yang dipelihara secara turun temurun sangat baik, terlebih anak-anak yang turut menari dalam prosesi adat.

“Senang sekali hadir di sini bertemu orang tua dan keluarga. Prosesi adat harus terus dipelihara karena merupakan potensi asli kita,” sebutnya.

“Untuk anak-anak yang turut serta menari, teruslah tanamkan kecintaan terhadap budaya kita sebagai kearifan lokal,” terangnya lagi.

Menurut dia nilai positif yang didapat dalam kunjungan itu adalah kecintaan akan adat dan budaya dan menjadi modal penting untuk terus dijaga. Apalagi adat-istiadat merupakan peninggalan turun-temurun yang penting untuk generasi penerus.

Rombongan sendiri sebelumnya menumpangi dua speed boat dari pelabuhan Marina Kota Sorong, sekira pukul 05.02 WIT dengan durasi perjalanan 3,5 jam. (RLS/NN)

.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *