UMKM Lokal Bangkit Pasca Pandemi COVID

Penjabat Gubernur Papua Barat Komjen Pol (Purn) Drs. Paulus Waterpauw, M.Si meninjau salah satu stand Wisata Kuliner UMKM Khas Nusantara di Manokwari, Jumat (12/8). (Foto: RED)

MANOKWARI – Sebanyak 100 tenda Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) disertakan dalam Wisata Kuliner UMKM Khas Nusantara di Manokwari, Jumat (12/8). Iven ini dalam rangka menyambut HUT ke-77 RI, sekaligus mendongkrak kembali UMKM daerah pasca dilanda pandemi COVID-19.

Penjabat Gubernur Papua Barat Komjen Pol (Purn) Drs. Paulus Waterpauw, M.Si mengatakan kegiatan ini merupakan upaya awal untuk meningkatkan kembali UMKM daerah.

“Sudah menjadi tugas pemerintah daerah untuk mendorong kreativitas UMKM, salah satu tujuannya untuk percepatan pemulihan ekonomi pasca COVID-19,” ujarnya.

UMKM sebagai ujung tombak Nasional dan daerah, dengan kebangkitan ekonomi salah satunya dari gelaran konsumsi daerah dalam rangka aktivitas dunia usaha serta menjaga stabilitas ekonomi.

“Kebijakan Presiden Jokowi salah satunya menggerakkan kembali ekonomi nasional dan daerah. Nah, untuk itu konsumsi di daerah harus di tingkatkan,” bebernya.

Dalam kesempatan itu Waterpauw berharap ada kreativitas baru yang didorong pelaku UMKM, misalnya membuat makanan khas tradisional dengan menu dan rasa yang berwarna.

Dicontohkan pelaku UMKM membuat Papeda, makanan tradisional Papua dengan warna dan rasa yang beragam. kreativitas seperti itu diharapkan muncul saat pagelaran agenda yang sama nantinya

Waterpauw dalam kesempatan itu mengusulkan kegiatan serupa dengan gaung yang lebih besar, melibatkan banyak peserta UMKM dan digelar di jalan raya. Juga, akan mendatangkan pejabat dari pusat.

“Di gelar di jalan raya dengan melibatkan peserta UMKM yang lebih banyak. Akan sangat bagus karena ada banyak menu dari hasil UMKM yang beragam,” kata mantan Kaba Intelkam Polri ini.

Meski demikian banyak pelaku UMKM yang belum disertakan dalam kegiatan itu. Namun, ia berupaya semua akan terakomodir saat pagelaran tahun berikut.

Penjabat gubernur juga membantu modal usaha dengan memberi bantuan Rp. 1 juta rupiah untuk 100 tenda UMKM. Ia mengajak seluruh masyarakat Manokwari, berpartisipasi agar menggerakkan pelaku usaha UMKM di kegiatan tersebut. (RED/NN)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *