Uniknya Lomba Meniru Suara Hewan Digelar PPA, Indrayanti: Perempuan Arfak Solid dan Kompak

Kegiatan PPA Papua Barat di Kampung Bremi Distrik Manokwari Utara, Jumat (20/10/2023). Salah satunya unik, meniru suara komunitas hewan dengan tujuan melatih kekompakan bersama. (Foto: ELS)

MANOKWARI – Perkumpulan Perempuan Arfak (PPA) Papua Barat, menggelar lomba cipta menu lokal, tarian Tumbuk Tanah dan meniru suara hewan di Kampung Bremi, Distrik Manokwari Utara, Jumat (20/10/2023).  Lomba yang disebut terakhir baru pertama digelar dan unik.

Ketua PPA Indrayanti Yemima Mandacan menjelaskan lomba meniru suara komunitas hewan bertujuan meningkatkan kekompakan bersama.

“Orang berpikir kalau lomba itu mencari hewan di hutan. Ini lebih kepada bagaimana kerjasama, saling menghargai dan kompak,” terangnya.

Hal seperti itu, lanjut Indrayanti sekaligus menjadi pelajaran untuk saling menghargai satu sama lain.

Sebelumnya PPA juga menggelar perlombaan untuk Perempuan Arfak di Distrik Warmare, dengan satu lomba berbeda yaitu telur naga.

“Dan, sekarang lomba meniru suara komunitas hewan. Kita manusia tidak bisa hidup dan berjalan sendiri-sendiri karena saling membutuhkan satu sama lain. Makanya tadi saya sebut kekompakan dan kerjasama,” paparnya lagi.

Pose bersama Ketua PPA Papua Barat Indrayanti Yemima Mandacan bersama peserta. (Foto: ELS)

Ia mengaku kegiatan lancar berkat dukungan semua pihak, termasuk dukungan Ketua Tim Penggerak PKK Papua Barat Roma Megawanti Pasaribu Waterpauw.

“Ini tidak sekedar lomba TPI bagaimana meningkatkan kebersamaan antar smua prempuan Arfak,” singkatnya.

Kegiatan diikuti 23 kampung di Distrik Pantura Manokwari diantaranya, Kampung Cabang Dua, Inoduas, Pami, Sairo, Bremi, Meynunfoka, Yoom 1, Asai, Warbefor, Mandopi dan lainnya.

(ELS/NN)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *