Wapres Instruksikan Pemekaran Bomberay Raya

Wapres Ma'ruf Amin bertemu tokoh adat dan masyarakat di Kaimana Beach Hotel, Kamis (1/12/2022). (Foto: REN)

KAIMANA – Wakil Presiden RI Ma’ruf Amin mengatakan usulan pemekaran Provinsi Bomberay Raya merupakan salah satu upaya mempercepat pembangunan di Tanah Papua.

“Usulan itu sangat penting agar percepatan pembangunan berlangsung merata, terutama meningkatkan kesejahteraan masyarakat di wilayah ini,” kata Wapres saat bertemu para tokoh masyarakat di Kaimana Beach Hotel, Kamis (1/12/2022).

Wapres mendorong pembahasan usulan dilaksanakan tahun 2023 atau sebelum Pilkada serentak 2024.

Menurutnya harus ada timbal balik dampak positif pemekaran wilayah dengan menggerakkan semua potensi pembangunan baik pendidikan, pariwisata dan ekonomi dan juga kesehatan masyarakat.

Gerak cepat upaya percepatan pembangunan disesuaikan dengan koordinasi antara pusat dan daerah, termasuk mengutamakan program skala prioritas.

Wakil Menteri Dalam Negeri RI John Wempi Wetipo akan melaporkan usulan pemekaran wilayah Bomberay Raya kepada Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian.

“Negara memberi lex spesialis dalam proses moratorium pemekaran provinsi dan kabupaten/kita di Papua. Arahan Wapres sudah tentu menjadi perhatian Kemendagri,” beber Jhon. (RLS/NN)

.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *