Wapres Ma’ruf Amin Berencana Kunjungi Papua-Papua Barat

Asisten Staf Khusus Sekretariat Wakil Presiden RI Dr. Khamami Zada. (Foto: RED)

MANOKWARI – Wakil Presiden Republik Indonesia Ma’ruf Amin Berencana berkunjung ke Papua dan Papua Barat. Wakil Presiden sendiri dipercayakan sebagai ketua Tim Percepatan Pembangunan Otsus Papua.

“Semoga sesuai rencana, Wakil Presiden akan berkunjung ke Papua dan Papua Barat,” ungkap Asisten Staf Khusus Sekretariat Wakil Presiden Dr. Khamami Zada saat HUT ke-10 Persekutuan Gereja Gereja Papua (PGGP) Provinsi Papua Barat, Senin (31/10) di Manokwari.

Menurut dia kunjungan itu salah satunya melihat langsung pembangunan Papua Christian Center (PCP) di Jayapura, sekaligus bertemu para tokoh agama untuk memperkokoh kerukunan beragama.

“Pesan pak Wakil Presiden, semua tokoh agama dan gereja bersama pemerintah membangun kedamaian untuk percepatan pembangunan dan kesejahteraan Papua,” terangnya.

Zada menerangkan dukungan pemerintah provinsi dan kabupaten/kota untuk kerukunan beragama, sejalan dengan program pemerintah pusat. Diantaranya, mendirikan Balai Latihan Kerja komunitas lingkungan gereja, pelatihan koperasi bidang usaha mikro serta program lain.

Pemerintah pusat sendiri mengedepankan pendekatan religius untuk memacu pembangunan, dengan merangkul seluruh tokoh agama. Itu salah satu arah Wapres saat bertemu PGGP Papua-Papua Barat, awal April 2022.

Dalam kesempatan yang sama Zada menyebut kemajemukan di Papua-Papua Barat, merupakan perbedaan sebagai model sosial untuk menata kemajuan pembangunan, termasuk bidang keagamaan.

“Kemitraan PGGP bersama pemerintah tak hanya di bidang keagamaan, tetapi juga untuk ekonomi sosial, pendidikan dan kesehatan. Semoga tahun depan kita bergerak lebih jauh dengan menggandeng sejumlah kementerian untuk program yang disiapkan,” paparnya.

Zada menambahkan empat prinsip utama dalam menjaga kedamaian di Tanah Papua adalah Kebenaran, Keadilan, Kasih Sayang dan Kebebasan. Dengan demikian, program pembangunan sudah pasti berlandaskan pada ajaran Tuhan. (RED/NN)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *