Wapres RI ke Petani Sawit Prafi : Sebentar Lagi Kita Bangun Pabrik di Sini

Wapres RI saat menanam Sawit di Distrik Prafi, Manokwari. Siap realisasikan pembangunan Pabrik Sawit di Manokwari.

MANOKWARI – Wakil Presiden RI, Ma’ruf Amin melalukan penanaman pohon sawit secara simbolis dilahan seluas 2.044 hektar, di Distrik Prafi, Manokwari, yang tahun ini akan dilakukan peremajaan.

Dihadapan petani, RI 02 itu menyatakan komitmen pemerintah membangun pabrik sawit di dataran Prafi.

“Tadi kita sudah melakukan peremajaan. Alhamdulilah, sebentar lagi kita akan bangun pabrik kelapa sawit disini,” ungkap Wapres RI, Sabtu (15/7/2023).

Dikatakan Wapres RI, peremajaan hingga pembangunan pabrik adalah salah satu dari Proyek Strategis Nasional (PSN) di Kabupaten Manokwari.

“PSN ini sudah berlangsung sejak dua tahun lalu diatas lahan seluas 2.044 hektar. Berikutnya diprogramkan 350 hektar dan akan terus diremajakan hingga 9.400 hektar, termasuk diatas lahan milik rakyat,” ungkapnya.

Wapres RI lalu mengapresiasi inisiasi dan dorongan dari Koperasi Produsen Arfak Sejahter yang ikut berkontribusi dalam peningkatan komuditas sawit di Manokwari termasuk ikut mendorong agar dibangunanya pabrik sawit di Manokwari.

Dia juga berjanji akan segera membahas program PSN itu dengan kementerian dan lembaga terkait termasuj pemerintah daerah dan asosiasi terkait.

“Kedepan, perkebunan kelapa sawit rakyat akan menjadi model perekonomian produktif, yang sejalan dengan rencana induk percepatan pembangunan Papua tahun 2022-2041,” tambahnya.

Diketahui, ekspor komuditas perkebunan tahun 2022 di Indonesia, tertinggi adalah kelapa sawit dengan nilai 458,64 Triliun. Perkebunan sawit juga berkontribusi terhadap kesejahteraan terhadap 4,2 juta tenaga kerja langsung dan 12 juta tenaga kerja tidak langsung.

(ELS/NN)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *